19 Siswa di Sumbar Ikuti Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

19 Siswa di Sumbar Ikuti Seleksi Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat

19 siswa SMA di Sumbar ikuti seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat

Langgam.id- Sebanyak 19 orang siswa SMA se-Sumatera Barat mengikuti seleksi pertukaran pelajar ke Amerika Serikat, KL-YES yang disponsori Pemerintah Amerika Serikat di MAN 2 Padang, Jalan Gajah Mada Nomor 100, Minggu kemaren (26/5).

Sekretaris Yayasan Bina Antarbudaya Chapter Padang Hengki mengatakan, total keseluruhan siswa di Chapter Padang yang mengikuti program ini mencapai 657 orang. Namun, yang terverifikasi 157 orang.

Sedangkan yang lolos seleksi 41 orang. Mereka tersebar di 4 kota, seperti Padang 19 orang, Jambi 8 orang, Batam 8 orang, Pekanbaru 6 orang.

"Dalam seleksi ini para siswa di tes wawancara, bahasa Inggris, kepribadian hingga interaksi kelompok," ujar Hengki.

Setelah seleksi di Padang, 41 siswa dikirim ke Jakarta untuk melanjutkan tes. Mereka akan memperebutkan 12 tiket untuk program YES selama setahun di negara Paman Sam itu.

Kata dia, kriteria peserta yang berhak mengikuti program ini, di antaranya memiliki pribadi dan prestasi bagus, visi dan misi yang kuat untuk program ini, memiliki empati sosial, memiliki jiwa nasionalisme tinggi dan situasi global dan nasional.

Salah seorang peserta seleksi Zikri Anugrah Harahap dari SMA 1 Sumbar begitu semangat dan antusias mengikuti proses tahap-tahap seleksi.

"Saya berniat mempromosikan betapa kayanya budaya Indonesia dan ingin belajar tentang kebudayaan negara luar. Ada banyak hal yang ingin saya pelajari negaranya pak Presiden Donal Trump itu," ucapnya yang hanya mengetahui negaranya AS itu melalui media sosial, membaca buku dan menonton film.

Bagi generasi muda di ranah Minang yang tertarik mengikuti program YES ini, silakan cek di @binabudpdg. Belajar di Amerika Serikat secara gratis, karena di sponsori Pemerintah Amerika Serikat. (A)

Tag:

Baca Juga

Langgam.id-Terminal Anak Air
Terminal Tipe A Anak Air Bakal Dioptimalkan, Bus AKDP dan Angkot Wajib Masuk Terminal
Kepala Dinas Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3APPKB) Dharmasraya, Martin Efendi
Tinjau Lokasi Banjir di Koto Salak dan Padukuan, Kadis Sosial Dharmasraya Serahkan Bantuan
Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan KB (SOSP3PPKB) Dharmasraya menggelar kegiatan
Dinas Sosial Dharmasraya Gelar Monev dan Pembinaan Fasyankes 2024
Cut Tari dan kakaknya Teuku Gadaffi sebagai Caleg DPR RI dari Sumbar
Perolehan Suara Sementara DPR RI Dapil Sumbar 1, Kakak Cut Tari Terancam Gagal ke Senayan
Pada Pemilu 2024, tujuh kursi DPRD Padang diperebutkan di dapil 2. Dapil ini hanya meliputi satu kecamatan saja yaitu Kuranji.
Berikut 7 Caleg yang Diprediksi Raih Kursi DPRD Padang Dapil 2 Kuranji
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah mengungkapkan bahwa faktor keluarga dan kepedulian masyarakat berperan sangat penting untuk mengatasi berbagai
Gubernur: Keluarga dan Kepedulian Masyarakat Berperan Atasi Masalah Sosial Kependudukan