Material Longsor Timbun Jalur Padang-Painan, Polisi Terapkan Buka-Tutup

Material Longsor Timbun Jalur Padang-Painan, Polisi Terapkan Buka-Tutup

Longsor di Kelok Jariang. (dok. Polresta Padang)

Langgam.id - Arus kendaraan yang melintasi Jalur Padang-Painan, Sumatra Barat tepatnya di Kelok Jariang, Kecamatan Bungus Teluk Kabung masih tersendat. Hal ini diakibatkan material tanah longsor memenuhi badan jalan, sehingga pihak kepolisian terpaksa menerapkan sistem buka tutup.

Material longsor tersebut diketahui berasal dari tebing di lokasi bekas tambang yang berada di tepi jalan. Sebelumnya, kejadian serupa juga pernah terjadi beberapa waktu lalu membuat pengendara diminta untuk tetap berhati-hati.

"Kami terpaksa menerapkan sistem buka tutup. Material longsor cukup banyak berserakan di sepanjang jalan, sehingga jalan licin," ujar Kasat Lantas Polresta Padang, AKP Hendri Syukur Putra dihubungi langgam.id, Rabu (23/9/2020) malam.

Baca juga: Hujan Seharian, Banjir dan Longsor Terjadi di Pesisir Selatan

Putra mengungkapkan, pihaknya telah mengantisipasi dengan mengurangi volume kendaraan yang mencoba memasuki kawasan longsor. Sehingga, tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Karena hujan masih berlangsung, jadi sedikit susah dibersihkan. Saat ini, material longsor masih terus dilakukan pembersihan, memang cukup banyak materialnya," ujarnya.

.

.

Personel Satlantas Polresta Padang tak hanya mengatur arus kendaraan, sesekali juga terpaksa mendorong kendaraan yang tidak sanggup menempuh material lumpur yang berserakan. Terparah, terjadi di Jembatan Lebah Bungus.

Sementara, petugas lainnya juga telah berjaga di kawasan Bypass persisnya di kawasan Teluk Bayur untuk mengimbau pengendara tidak melewati jalur Padang-Painan terlebih dahulu. Sehingga nantinya tidak terjebak di tengah jalan dalam situasi cuaca hujan yang cukup tinggi. (Irwanda/ABW)

Baca Juga

Ruas jalan Malalak akhirnya sudah bisa kembali dilalui secara normal pada Selasa siang (14/5/2024) usai dilanda longsor beberapa
Sempat Buka Tutup Dampak Longsor, Jalur Malalak Kini Kembali Normal
Kondisi jalan parah Nagari Sariak Sungai abu
Jalan Penghubung Talang Bungo Sariak Sungai Abu Makin Parah, Apa Solusi Pemerintah?
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang
Longsor di Sitinjau Lauik: Ada Pengendara Terhempas Longsor ke Jurang, Lalu Lintas Padang - Solok Masih Lumpuh
Jalan Sitinjau Lauik yang menghubungkan Padang - Solok hingga Pulau Jawa, sudah bisa dilalui sekitar pukul 20.30 WIB, Selasa (7/5/2024).
Sempat Lumpuh Total Akibat Longsor, Jalur Sitinjau Lauik Sudah Bisa Dilewati
Musibah longsor terjadi di jalur Padang-Solok, tepatnya di bawah Tugu Bingkuang pada Selasa (7/5/2024) sekitar pukul 13.30 WIB.
Akses Jalan Padang-Solok Lumpuh Total Akibat Longsor, 1 Mobil Terseret Material
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor
Bupati Pesisir Selatan Berikan Diskon 50% Tagihan Air Bagi Korban Bencana Banjir dan Tanah Longsor