Antisipasi Corona, Polda Sumbar Pastikan Tidak Ada Perayaan Hari Paskah di Gereja

Kasus Buka Paksa Peti | Indra Catri Tersangka | bupati agam tersangka | Dugaan Pencemaran Nama Baik Mulyadi, penyalahgunaan dana MTQ Nasional

Kabid Humas Polda Sumbar, Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto. (Foto: Irwanda/Langgam.id)

Langgam.id - Kepolisan Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar) memastikan tidak ada perayaan Hari Paskah umat Kristiani di setiap gereja di wilayah Sumbar. Hal ini untuk mengantisipasi penyebaran wabah virus corona (covid-19).

Umat Kristiani diminta untuk memperingati Hari Paskah di rumah masing-masing sehingga terhindar dari penyebaran virus. Perlu diketahui, hari kebangkitan Yesus Kristus itu diperingati pada Minggu (12/4/2020).

Kabid Humas Polda Sumbar Kombes Pol Stefanus Satake Bayu Setianto mengatakan pihaknya telah mengimbau seluruh gereja untuk tidak mengundang keramaian. Termasuk, saat perayaan Hari Paskah.

"Mulai dari Jumat Agung hingga Hari Paskah, pelaksanaan semua dilakukan di rumah dengan keluarga. Mungkin ada pastor ke rumah atau secara online dilakukan," ujar Satake Bayu dihubungi Langgam.id, Jumat (10/4/2020) siang.

Satake Bayu mengungkapkan pihaknya akan terus melakukan patroli, begitu pun ketika perayaan Hari Paskah. Hal ini untuk memastikan tidak ada kegiatan yang mengundang keramaian.

"Kami terus patroli sejak operasi Aman Nusa dilaksanakan. Sebelumnya, kami dari kepolisian mengucapkan selamat Hari Paskah bagi merayakan. Tapi tetap kami imbau pelaksanaan ibadahnya di rumah masing-masing," katanya.

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumbar juga telah memberikan surat edaran agar para jemaat yang merayakan Hari Paskah dilangsungkan di rumah masing-masing. Hal ini berlaku di seluruh gereja di Sumbar.

Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sumbar Hendrikus Jomi meminta masyarakat mematuhi semua aturan, demi memutus penyebaran virus corona. Tetap melaksanakan ibadat di rumah secara khusyuk.

"Sudah ada surat edaran. Kami imbau perayaan di rumah masing-masing secara khusyuk dalam rangka Paskah ini. Serta ikuti imbauan pemerintah terkait covid-19, semoga masa Paskah ini meningkat kebersamaan kita, baik peningkatan iman maupun meningkatkan kebersamaan kehidupan berbangsa dan negara, terkhusus di Sumbar," katanya. (Irwanda/ICA)

Baca Juga

Pengemudi Harap Waspada, Operasi Zebra 2024 Sasar Pelanggaran Lalu Lintas
Pengemudi Harap Waspada, Operasi Zebra 2024 Sasar Pelanggaran Lalu Lintas
Polda Sumbar menggelar Operasi Zebra Singgalang 2024 terhitung mulai 14-27 Oktober 2024. Kegiatan ini digelar guna menciptakan
Dimulai Hari Ini, Operasi Zebra Singgalang 2024 Berlangsung hingga 27 Oktober
Konflik agraria di Nagari Kapa, Kecamatan Luhak Nan Duo, Kabupaten Pasaman Barat, kembali memanas pada Jumat (4/10/2024).
Konflik Agraria Berlanjut: 10 Warga Kapa Dibawa ke Polda, Penggusuran Lahan Menuai Kecaman
Bidpropam Polda Sumbar mulai melakukan sidang kode etik terhadap para personel yang diduga tidak profesional saat membubarkan aksi tawuran
Polda Sumbar Mulai Sidang Kode Etik Anggota Tidak Profesional saat Bubarkan Tawuran di Kuranji
Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024: KPU Tekankan Pentingnya Demokrasi Bermartabat
Deklarasi Kampanye Damai Pilkada 2024: KPU Tekankan Pentingnya Demokrasi Bermartabat
KAI dan Polda Sumbar Gelar Operasi Tilang Humanis di Perlintasan Kereta Api
KAI dan Polda Sumbar Gelar Operasi Tilang Humanis di Perlintasan Kereta Api