Dua Pohon Tumbang di Padang, Ganggu Akses Jalan dan Rusak Rumah Warga

Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Senin (15/10/2024) dini hari, menyebabkan dua insiden pohon tumbang di dua

Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana mengevakuasi pohon tumbang yang mengganggu akses jalan. [foto: BPBD Padang]

Langgam.id – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Senin (15/10/2024) dini hari, menyebabkan dua insiden pohon tumbang di dua lokasi berbeda.

Kedua kejadian pohon tumbang tersebut mengganggu akses jalan, merusak kabel listrik, pagar, dan satu rumah warga.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Hendri Zulviton, menyampaikan bahwa kejadian pertama terjadi di kawasan Asrama Lapai, RT 04 RW 05, Kelurahan Kampung Lapai, Kecamatan Nanggalo, pada pukul 00.00 WIB.

Pohon kedondong sepanjang ±25 meter dan lebar ±90 cm tumbang akibat hujan deras, menghalangi jalan serta menimpa kabel listrik dan pagar rumah. Meski tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai Rp1.000.000.

“Kami telah mengirimkan Tim Reaksi Cepat (TRC) Penanggulangan Bencana untuk mengevakuasi pohon tersebut. Saat ini akses jalan sudah kembali normal,” kata Hendri, Selasa (15/10/2024).

Kejadian kedua dilaporkan terjadi di Jalan Makasar Nomor 10 Gaung, RT 002 RW 004, Kelurahan Gates Nan XX, Kecamatan Lubuk Begalung, pada pukul 12.30 WIB.

Pohon seri sepanjang ±15 meter dan lebar ±70 cm menimpa rumah milik Tarmizi (62), seorang buruh harian lepas, serta merusak kabel listrik di area tersebut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian ditaksir sebesar Rp1.500.000.

"Kondisi sudah terkendali, dan TRC BPBD bersama aparat kelurahan serta masyarakat telah menyelesaikan evakuasi," ujar Hendri. (*/yki)

Baca Juga

Tradisi Cheng Beng Masuk dalam Kalender Pariwisata Padang 2025
Tradisi Cheng Beng Masuk dalam Kalender Pariwisata Padang 2025
Abrasi menyebabkan ambruknya bagian belakang Rumah Makan Pasir Putih di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Rabu (16/10/2024).
Abrasi di Bungus Teluk Kabung, Rumah Makan Ambruk, 15 Pelajar Padang Terluka
Tiga rumah dan satu musala di kawasan Pantai Pasia Jambak, Kelurahan Pasia Nan Tigo, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, terancam abrasi
Tiga Rumah dan Satu Musala Terimbas Abrasi di Pantai Pasia Jambak
Langgam.id - Gempa bermagnitudo 6,1 kembali mengguncang Kabupaten Kepualauan Menatwai, Sumatra Barat (Sumbar), Minggu (11/9/2022).
Pemkot Padang dan Pemkab Mentawai Perkuat Kerja Sama dalam Empat Bidang Strategis
Sebuah pohon trambesi tumbang di Jalan Anak Air, Kelurahan Batipuh Panjang, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, pada Sabtu (12/10/2024)
Hujan Disertai Angin Kencang Landa Padang, Pohon Tumbang Tutup Bahu Jalan
Langgam.id-pohon tumbang
BPBD Padang Masuk Tiga Besar Nasional Penanganan Bencana 2024