BPBD Padang Masuk Tiga Besar Nasional Penanganan Bencana 2024

Langgam.id-pohon tumbang

Pohon tumbang di kawasan Lubuk Peraku, Sitinjau Lauik, Kota Padang. [foto: IG @trucksumbar32]

Langgam.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat prestasi membanggakan dengan berhasil masuk ke dalam tiga besar nasional dalam penilaian Indeks Penyelenggaraan Ketenteraman, Ketertiban Umum, dan Pelindungan Masyarakat (Trantibumlinmas) Sub Urusan Bencana tahun 2024.

Prestasi ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan sesuai dengan Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.4.3-669 Tahun 2022.

Penilaian tersebut dilakukan berdasarkan enam pilar utama, yakni kelembagaan, sumber daya aparatur, kebijakan, pendanaan, teknis operasional, dan kepemimpinan. Tujuannya adalah mengukur keberhasilan penyelenggaraan Trantibumlinmas Sub Urusan Bencana sebagai bagian dari pelayanan dasar yang wajib dilaksanakan oleh pemerintah daerah, serta menyediakan data penting bagi pemerintah pusat maupun daerah terkait efektivitas pengelolaan urusan bencana.

Dalam penilaian tahun ini, Kota Padang berhasil meraih skor 92,65, menjadikannya satu-satunya kota di Indonesia yang berhasil masuk dalam jajaran tiga besar. Capaian ini mendapat apresiasi dari berbagai pihak, termasuk Kepala Pelaksana BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton.

"Ini adalah hasil kerja keras seluruh elemen yang terlibat dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan dan pengelolaan bencana di Kota Padang," ujar Hendri, Selasa (08/10/2024).

Ia juga menambahkan, pencapaian ini membuktikan bahwa Padang telah menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam pengelolaan bencana sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh pemerintah pusat.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, juga turut mengapresiasi prestasi ini. Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya menjadi kunci dalam menjaga kesiapsiagaan menghadapi bencana.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kapasitas dan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana guna melindungi masyarakat Kota Padang secara maksimal," katanya, Selasa (08/10/2024). (*/Yh)

Baca Juga

Kota Padang kembali diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi sejak pukul 17.30 WIB, Jumat (4/10/2024). Kondisi cuaca ini menimbulkan potensi genangan air, banjir,
Hujan Lebat dan Angin Kencang Landa Padang, BPBD Imbau Warga Waspada
Bendungan Irigasi Koto Kandis di Pesisir Selatan Mulai Diperbaiki
Bendungan Irigasi Koto Kandis di Pesisir Selatan Mulai Diperbaiki
Hujan disertai angin kencang yang melanda Kota Padang pada Senin (9/9/2024), menyebabkan pohon tumbang di Kecamatan Padang Selatan.
Pohon Tumbang Timpa 3 Rumah dan Kabel Listrik di Padang, 1 Warga Terluka
Hujan dan angin kencang yang melanda Kota Padang, menyebabkan terjadinya pohon tumbang menimpa mobil, kabel listik dan Telkom.
Akibat Hujan Disertai Angin, Pohon Tumbang Timpa Mobil di Depan TPU Tunggul Hitam
Kekeringan Terpa Padang, Air Bersih jadi Rumit
Kekeringan Terpa Padang, Air Bersih jadi Rumit
Sistem Peringatan Dini hingga Sekolah Tangguh, Siasat Mitigasi Bencana Padang
Sistem Peringatan Dini hingga Sekolah Tangguh, Siasat Mitigasi Bencana Padang