Cerah Penyebaran Hama dan Penyakit, Balai Karantina Padang Musnahkan Produk Ilegal di BIM

Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang melakukan pemusnahan terhadap berbagai produk hewan dan tumbuhan ilegal

Pemusnahan berbagai produk hewan dan tumbuhan ilegal di BIM oleh Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang. [foto: infopublik.id]

Langgam.id - Mencegah penyebaran hama dan penyakit, Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang melakukan pemusnahan terhadap berbagai produk hewan dan tumbuhan ilegal yang berhasil ditahan di Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Jumat (4/10/2024).

Produk-produk tersebut diduga berpotensi membawa Hama Penyakit Hewan Karantina (HPHK), Hama Penyakit Ikan Karantina (HPIK), dan Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantina (OPTK).

Kepala Balai Karantina Pertanian Kelas I Padang, Ibrahim mengungkapkan bahwa pemusnahan dilakukan terhadap produk-produk yang tidak memiliki sertifikat karantina dan masuk melalui jalur yang tidak resmi.

Produk yang dimusnahkan tersebut terang Ibrahim yaitu daging babi, daging unggas olahan, daging sapi, daging kambing, ikan kering, belut kering, serta beragam buah-buahan dan sayuran yang berasal dari luar negeri.

“Produk-produk ini masuk tanpa melalui prosedur karantina yang ditetapkan dan tidak memiliki sertifikat resmi. Oleh karena itu, kami memusnahkan seluruhnya untuk mencegah penyebaran hama dan penyakit yang dapat mengancam pertanian serta peternakan di Sumatra Barat,” tutur Ibrahim dilansir dari infopublik.id, Sabtu (6/10/2024).

Ibrahim megatakan, bahwa pemusnahan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Nomor 42/Permentan/OT.140/6/2012. Dimana melarang pemasukan buah-buahan segar dari luar negeri melalui BIM dan sejumlah pintu masuk lainnya.

“Langkah ini diambil sebagai tindakan preventif untuk menjaga keamanan hayati dan mencegah ancaman yang bisa merugikan sektor pertanian serta peternakan di wilayah ini,” ujar Ibrahim. (*/yki)

Baca Juga

BPS mencatat, jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari BIM pada Agustus 2024 turun masing-masing
Penumpang Angkutan Udara yang Berangkat dan Datang dari BIM Turun di Agustus 2024
Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) yang tercatat datang ke Sumatra Barat melalui pintu masuk BIM
Kunjungan Wisman ke Sumbar di Agustus 2024 Naik, Bule Italia Alami Peningkatan Tertinggi
BPS Sumbar mencatat jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dari BIM pada Juli 2024 mengalami peningkatan
BPS: Jumlah Penumpang Angkutan Udara yang Berangkat dan Datang dari BIM di Juli 2024 Naik
BPS mencatat, jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari BIM pada Agustus 2024 turun masing-masing
BPS: Periode Juni 2024, Jumlah Penumpang Berangkat dari BIM Turun, Kedatangan Naik
BPS mencatat kunjungan wisman ke Sumbar melalui pintu masuk Bandara Internasional Minangkabau (BIM) pada Juni 2024 sebanyak 4.631 orang.
Juni 2024, Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Sumbar Turun 34,84 Persen
BPS mencatat, jumlah penumpang angkutan udara yang berangkat dan yang datang dari BIM pada Agustus 2024 turun masing-masing
BIM Catat Tren Positif pada Semester I 2024, Pergerakan Pesawat dan Penumpang Naik