Dosen UNP Tingkatkan Literasi Numerasi Anak Panti Asuhan Al Hidayah Lewat Permainan Kreatif

Dosen UNP Tingkatkan Literasi Numerasi Anak Panti Asuhan Al Hidayah Lewat Permainan Kreatif

Dosen Matematika UNP lakukan kegiatan pengabdian masyarakat di Panti Asuhan Al Hidayah. (Foto: Dok. Tim PKM UNP)

Langgam.id – Dosen Matematika Universitas Negeri Padang (UNP) sukses menggelar kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Panti Asuhan Al Hidayah Kota Padang.

Kegiatan yang diketuai oleh Sri Novia Martin, M.Pd ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi anak-anak panti melalui pendampingan dan permainan yang kreatif.

Tim pengabdian masyarakat ini beranggotakan para dosen yakni Prof. Dr. Yerizon, M.Pd dan Shinta Sari, S.Pd, M.Ed serta dibantu oleh beberapa mahasiswa Departemen Matematika UNP, yaitu Friska Falah Sifa, Ella Tirta Shalina, Nurul Fatimah Alfajri, Cindy Eka Selvia dan Nurul Fatimah Alfajri.

Selain itu, juga ada pemateri dari salah seorang dosen Departemen Psikologi UNP yaitu Nazarlin M.Psi. Psikolog yang memberikan materi tentang mengatasi kecemasan dalam menyelesaikan permasalahan literasi numerasi.

Sri Novia menjelaskan bahwa literasi numerasi merupakan kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. "Memahami konsep angka dan matematika membantu individu dalam menyelesaikan masalah dan membuat keputusan yang tepat. Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkan literasi numerasi sejak dini sangatlah penting," katanya dikutip Rabu (25/9/2024).

Lampiran Gambar

Dalam kegiatan PKM ini, para dosen dan mahasiswa UNP melibatkan anak-anak panti dalam berbagai permainan yang mengasyikkan namun tetap mengasah kemampuan berhitung mereka.

Salah satu permainan yang paling menarik perhatian adalah monopoli yang telah dimodifikasi dengan soal-soal matematika. Melalui permainan ini, anak-anak belajar sambil bermain dengan penuh semangat.

"Diakhir kegiatan anak-anak diberikan post test dan angket. Posttest untuk melihat hasil kemampuan literasi numerasi sementara angket untuk melihat respon anak-anak terhadap kegiatan yang dilakukan," jelas Novia.

Antusiasme anak-anak terhadap kegiatan ini sangat tinggi. Wieka Putra, salah satu anak panti yang sedang menempuh pendidikan di MAN 1 Padang, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kegiatan ini. Ia merasa termotivasi untuk lebih giat belajar matematika.

Senada dengan Wieka, Untung Widodo, S.Pd, pengurus bidang pendidikan Panti Asuhan Al Hidayah, juga memberikan apresiasi yang tinggi atas kegiatan PKM ini. Ia berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan untuk memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan bagi anak-anak panti.

Adapun, kegiatan PKM ini diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi anak-anak panti, antara lain, meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Yaitu dengan melalui permainan dan pendampingan yang kreatif, anak-anak dapat memahami konsep matematika dengan lebih baik.

Kemudian, juga menumbuhkan minat belajar matematika melalui permainan yang menyenangkan sehingga membuat anak-anak lebih tertarik untuk belajar matematika.

Juga meningkatkan kepercayaan diri, karena keberhasilan dalam menyelesaikan soal-soal matematika akan meningkatkan kepercayaan diri anak-anak.

Kegiatan PKM ini menjadi bukti nyata bahwa perguruan tinggi dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, khususnya anak-anak yang kurang beruntung. Diharapkan kegiatan serupa dapat terus dilakukan oleh berbagai pihak untuk mendukung pengembangan potensi anak-anak Indonesia. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

Wisuda ke 136, UNP Luluskan 3.780 Wisudawan
Wisuda ke 136, UNP Luluskan 3.780 Wisudawan
Youth Forum VOI Hadir di UNP, Alarm Bagi Mahasiswa Hadapi Tantangan Dunia Kerja
Youth Forum VOI Hadir di UNP, Alarm Bagi Mahasiswa Hadapi Tantangan Dunia Kerja
Forum Terbuka Penyajian Kertas Kerja Bakal Calon (Balon) Rektor Universitas Negeri Padang periode 2024-2029 dilaksanakan di Auditorium UNP,
Pengembangan Kampus, UNP Terima Hibah Tanah 1,6 Ha dari Pemkab Pesisir Selatan
Banyak yang Nyaris DO, UNP Lakukan Manajemen Stress untuk Mahasiswa
Banyak yang Nyaris DO, UNP Lakukan Manajemen Stress untuk Mahasiswa
5 Mahasiswa UNP Rampungkan KKN Internasional di Samosir
5 Mahasiswa UNP Rampungkan KKN Internasional di Samosir
Dihadiri Komisioner Pusat, BEM KM FIS UNP Teken MoU dengan Bawaslu
Dihadiri Komisioner Pusat, BEM KM FIS UNP Teken MoU dengan Bawaslu