Rekomendasi LHP Ombudsman Soal Reklame Rokok Sudah Ditindaklanjuti Pemko Padang

Pemko Padang telah menindaklanjuti sejumlah rekomendasi LHP Ombudsman RI Perwakilan Sumbar terkait penyelenggaraan reklame

Asisten II Setda Kota Padang Didi Aryadi bersama Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumbar Adel Wahidi. [foto: Pemko Padang]

Langgam.id - Pemko Padang telah menindaklanjuti sejumlah rekomendasi Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) Ombudsman RI Perwakilan Sumbar terkait penyelenggaraan reklame dengan konten rokok di Kota Padang.

Sebelumnya, Ombudsman RI Perwakilan Sumbar menyampaikan sejumlah rekomendasi yang harus ditindaklanjuti Pemko Padang. Hal ini berdasarkan hasil investigasi atas prakarsa sendiri tentang reklame dengan konten rokok di Kota Padang.

Asisten Ombudsman RI Sumbar, Reza Kurniawan mengatakan, sejumlah tindak lanjut Pemko Padang dari LHP Ombudsman RI Perwakilan Sumbar adalah telah diterbitkannya Keputusan Wali Kota Padang Nomor 389 tentang Tempat Lainnya Kawasan Tanpa Rokok.

Kemudian, telah melakukan evaluasi kerja dengan Tim Reklame Kota Padang. Tidak menindaklanjuti permohonan perpanjangan atau baru dengan konten rokok.

"Telah melakukan kegiatan pengendalian, pengawasan, dan penertiban terhadap penyelenggaraan reklame dengan konten rokok," ujar Reza didampingi Pjs. Kepala Perwakilan Ombudsman RI Sumbar Adel Wahidi, Selasa (17/9/2024).

Tindak lanjut lainnya terang Reza, yaitu telah menyurati penyelenggara reklame yang memiliki izin konstruksi PBG untuk membuat surat pernyataan bersedia patuh dalam menyelenggarakan reklame sesuai dengan ketentuan.

"Tindakan korektif yang masih perlu ditindaklanjuti adalah membuat SOP bersama terhadap Tim Reklame Kota Padang dengan melibatkan pihak terkait V di dalam SOP bersama," ucap Reza pada kegiatan konferensi pers monitoring pelaksanaan LHP tindakan korektif terkait maladministrasi Pemko Padang dalam penyelenggaraan reklame dengan konten rokok di Kota Padang.

Sementara itu, Asisten II Setda Kota Padang Didi Aryadi mengapresiasi langkah yang diambil Ombudsman RI Perwakilan Sumbar yang sudah melakukan investigasi atas prakarsa sendiri tentang reklame rokok di Kota Padang.

"Bahwa ini sudah selesai proses investigasinya, kita sudah melakukan apa yang direkomendasikan serta yang diminta dalam LHP tersebut. Aturan sudah ada semua, mulai dari Perda, Perwako, dan SK Wali Kota dan ini dapat kita realisasikan," beber Didi dalam keterangannya.

Sekretaris Bapenda Kota Padang, Fuji Astomi mengatakan bahwa hasil investigasi Ombudsman RI Perwakilan Sumbar tersebut jadi catatan penting pihaknya untuk dapat memastikan reklame konten rokok dapat sesuai aturan dan dapat mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang ke depannya.

"Kami akan menyesuaikan pelaksanaannya dengan aturan yang ada," ujar Fuji.

Kepala DPMPTSP Kota Padang Swesti Fanloni mengungkapkan, bahwa sudah menyurati penyelenggara reklame yang memiliki izin konstruksi PBG untuk membuat surat pernyataan bersedia patuh dalam menyelenggarakan reklame sesuai dengan ketentuan.

"Kami menyampaikan surat tersebut tertanggal 12 Agustus 2024 lalu," terangnya.

Pada kesempatan itu, Pemko Padang juga menyerahkan salinan SOP bersama Tim Reklame Kota Padang kepada Ombudsman RI Perwakilan Sumbar.

SOP itu nantinya akan dimanfaatkan dalam melakukan pengendalian, pengawasan, dan penertiban terhadap penyelenggaraan reklame dengan konten rokok di Kota Padang. (*/yki)

Baca Juga

Bak truk pengangkut sampah di Kota Padang kini sudah dipasang terpal.  Hal ini dilakukan Dinas Lingkungam Hidup Padang
Cegah Sampah Berceceran, Bak Truk Pengangkut di Padang Dipasang Terpal
Berita Pasaman Barat - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BMKG pusat gempa bukan dari patahan Angkola atau Sianok. segmen Talamau.
Pemko Ingatkan Bangunan di Padang Harus Ramah Bencana
12 Unit Trans Padang Mulai Wara-wiri Layani Warga Bungus Teluk Kabung
12 Unit Trans Padang Mulai Wara-wiri Layani Warga Bungus Teluk Kabung
ASN Pemko Padang Antusias Ikuti Olahraga Bersama dan Cek Kesehatan
ASN Pemko Padang Antusias Ikuti Olahraga Bersama dan Cek Kesehatan
Pj Sekda Kota Padang, Yosefriawan mengatakan, bahwa pada 2024 ini jumlah pelamar CPNS Pemko Padang mencapai 11.885 orang.
8.639 Pelamar CPNS Pemko Padang Lolos Seleksi Administrasi, Sejumlah Formasi Sepi Peminat
MTQ Nasional di Samarinda, Pj Wako Temui Kafilah Sumbar Asal Kota Padang
MTQ Nasional di Samarinda, Pj Wako Temui Kafilah Sumbar Asal Kota Padang