Solidaritas Pekerja CNN Indonesia Resmi Berdiri, Serikat Pekerja Pertama di Bawah Bendera CT Corp

Solidaritas Pekerja CNN Indonesia Resmi Berdiri, Serikat Pekerja Pertama di Bawah Bendera CT Corp

Foto: Dok. Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI)

Langgam.id - Karyawan CNN Indonesia telah mendirikan serikat pekerja yang kini resmi tercatat di Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan. Pendirian serikat pekerja ini diakui dalam surat nomor e-0224/KT.03.01 yang ditandatangani oleh Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi, dan Energi Kota Administrasi Jakarta Selatan, Fidiyah Rokhim.

Serikat pekerja yang diberi nama Solidaritas Pekerja CNN Indonesia (SPCI) secara sah tercatat pada 27 Agustus 2024 dengan nomor pencatatan 949/SP/JS/VIII/2024. Ketua Umum SPCI, Taufiqurrohman, menyatakan bahwa serikat ini menjadi wadah bagi karyawan CNN Indonesia untuk berorganisasi, memperjuangkan, serta melindungi hak-hak mereka.

SPCI didirikan dengan kesadaran bahwa jurnalis dan pekerja media di CNN Indonesia juga merupakan buruh yang perlu perlindungan, terutama di tengah kondisi industri media massa yang sedang mengalami disrupsi. Pembentukan serikat ini bermula dari serangkaian pertemuan karyawan, baik secara daring maupun luring, yang didorong oleh keprihatinan bersama.

"Pada 27 Juli 2024, karyawan dari CNN Indonesia TV dan CNNIndonesia.com sepakat untuk mendeklarasikan SPCI sebagai wadah untuk memperjuangkan hak-hak buruh yang adil dan layak," ujarnya Taufiqurrohman, sebagaimana rilis yang diterima Langgam.id, Kamis (29/8).

Taufiqurrohman menegaskan bahwa pembentukan serikat pekerja adalah hak asasi manusia yang dijamin oleh konstitusi Indonesia, termasuk oleh UUD 1945, UU Hak Asasi Manusia (HAM), serta UU Nomor 21 Tahun 2000 tentang Serikat Pekerja/Serikat Buruh. Kebebasan berserikat ini juga dilindungi oleh konvensi International Labour Organization (ILO) Nomor 87 Tahun 1948 dan Nomor 98 Tahun 1949, yang telah diratifikasi oleh Indonesia.

SPCI telah memberitahukan keberadaan serikat ini kepada perusahaan, baik secara lisan maupun tertulis. "Kami berharap SPCI dapat menciptakan hubungan industrial yang aman, harmonis, dinamis, berkelanjutan, serta seimbang dan berkeadilan dengan pihak perusahaan," ujar Taufiqurrohman pada Kamis (29/8).

SPCI merupakan serikat pekerja media pertama yang berdiri di lingkungan Transmedia, unit usaha CT Corp milik pengusaha Chairul Tanjung. Kehadiran serikat ini diharapkan menjadi tonggak sejarah dalam menciptakan hubungan industrial yang adil dan seimbang. Taufiqurrohman juga menyampaikan terima kasih kepada para tokoh, individu, serikat pekerja, dan organisasi masyarakat sipil yang telah mendukung terbentuknya serikat pekerja ini.

Saat ini, pekerja CNN Indonesia tengah menghadapi pemotongan upah sepihak yang dilakukan oleh manajemen selama tiga bulan terakhir. Solidaritas Pekerja CNN Indonesia akan menjadi wadah perjuangan bagi karyawan yang menolak keputusan manajemen yang dianggap semena-mena. (*/Yh)

Baca Juga

AJI Indonesia Kecam Tindakan Union Busting Solidaritas Pekerja CNNIndonesia
AJI Indonesia Kecam Tindakan Union Busting Solidaritas Pekerja CNNIndonesia
Tips Mengelola Stres: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya dengan baik
Tips Mengelola Stres: Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Buruh di Sumbar Nggak Dapat THR? Lapor ke Posko LBH Padang
Buruh di Sumbar Nggak Dapat THR? Lapor ke Posko LBH Padang
Diberhentikan Tanpa Alasan, Pekerja PT. Catur Mengadu ke DPRD Kota Padang
Diberhentikan Tanpa Alasan, Pekerja PT. Catur Mengadu ke DPRD Kota Padang
KPU RI sudah memperkenalkan strategi baru dalam penempatan saksi dan pengawas di Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Tempat Duduk Saksi dan Pengawas TPS Kini di Belakang Ketua dan Anggota KPPS, Ini Alasannya
Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia mengingatkan kepada pimpinan OPD dan seluruh ASN untuk menjaga netralitas pada Pilkada 2024.
Pj Wako Pariaman Tegaskan ASN Harus Netral dalam Pilkada 2024