Menteri Agama Bersyukur Peristiwa Muzdalifah Tahun Lalu Tidak Terulang

InfoLanggam - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bersyukur tantangan mabit di Muzdalifah berhasil tertangani pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Menurutnya hal ini bisa terwujud karena kerja keras semua petugas haji.

“Kita sangat bersukur, tantangan kemarin adalah Muzdalifah. Tahun ini berkat kerja keras saudara-saudara sekalian, jemaah haji mabit di Muzdalifah sudah bersih pukul 07.30 WAS,” ujar Menag di hadapan ratusan Petugas Penyelangga Ibadaj Haji (PPIH) saat acara ‘Menag Menyapa dan Mengapresiasi Petugas PPIH Arab Saudi di hotel daerah Jarwal, Rabu malam (19/6/2024).

Kondisi tersebut jauh berbeda dari tahun lalu, lanjutnya, di mana peristiwa Muzdalifah menyisakan trauma pada jemaah. Di mana, para jemaah baru bisa dievakuasi sampai bersih hingga pukul 14.00 WAS.

“Atas nama pemerintah dan jemaah saya sampaikan terimakasih buat saudara-saudada sekalian PPIH Arab Saudi, tanpa berkat kalian traumatahun lalu bukan tidak mungkin terjadi kembali,” papar Menag yang akrab disapa Gus Men ini.

Gus Men mengatakan penyelenggaraan haji tahun ini lebih baik dibandingkan tahun lalu. Persoalan Mina yang disebut overload, menurutnya pemerintah terus mengupayakan yang terbaik.

“Soal Mina, dari dulu ukuran tendanya begitu, jemaahnya bertambah. Di jamarat desak-desakkan, di masjid juga desak-desakkan,” cetusnya.

“Ini memang enggak patut dinaklumi tapi pemerintah akan terus berusaha bagaimana memberikan pelayanan terbaik buat jemaah,” sambung Menag.

Lebih lanjut Gus Men mengatakan penyelenggaran ibadah haji selalu menjadi sorotan publik karena ini tugas yang dilindungi undang-undang.

“Banyak orang yang matanya menatap kita, kita harus tetap semangat, meski ada dari mereka yang menatap keluar kata-kata yang menyakitkan kita, kata-kata yang tidak sesuai dengan fakta yang terjadi sebenarnya, tidak usah berkecil hati dan sakit,” katanya.

Jadikan hal itu, lanjut Gus Men, sebagai semangat untuk memberikan layanan terbaik pada jemaah.

“Pada akhrinya waktu yang membuktikan siapa bekerja dengan siapa yang bisa bacot doang.,”/sentilnya yang disambut aplause dari ratusan petugas haji.

Gus Men mengatakan terkadang orang yang membenci kita bukan karena kita berbuat buruk atau berprilaku jahat. “Tetapi sebaliknya, orang benci pada kita tidak suka pada kita karena kita bekerja dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

“‘Mereka sedang iri karena saudara sedang berbuat baik,” sambungnya.

Lebih lanjut Menag meminta semua petugas fokus memberikan pelayanan pada jemaah. Tidak perlu mempedulikan tanggapan dari pihak luar.

“Kalau misal ada efek-efek misal efek politik, biar saya yang nanggung. Enggak usah mikir. Isu poltik biar saya yang mendengarkan, biar saya yang menghadapinya,” tandasnya. (*)

Baca Juga

Fase puncak haji di Arafah dan Muzdalifah sudah berlangsung. Mini aktivitas jemaah haji terpusat di kawasan Mina untuk mabit (menginap).
Fase Mabit di Mina, Menag Yaqut Cholil Qoumas Minta Petugas Siaga Bantu Jemaah
Kota Makkah Al Mukarramah tepatnya di Mina diguyur hujan setelah sebelumnya sempat muncul peringatan cuaca panas ekstrem yang berlangsung
Sempat Muncul Peringatan Gelombang Panas, Kota Makkah Diguyur Hujan
Komedian Cak Lontong mengapresiasi kinerja petugas Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.
Cak Lontong Apresiasi Kinerja Petugas Indonesia dalam Penyelenggaraan Haji
Jemaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Awal akan mengakhiri fase menginap (mabit) di Mina pada 18 Juni 2024. Mereka akan kembali
Jemaah Haji Nafar Awal Mulai Kembali ke Hotel di Makkah Hari Ini
Kebijakan murur yang diterapkan pemerintah pada musim haji 1445 Hijriah/2024 Masehi membuat jemaah lanjut usia, disabilitas, dan risiko
Kapus Kesehatan Haji Kemenkes Sebut Kebijakan Murur Membuat Jemaah Tak Terlalu Kelelahan
Jemaah haji Indonesia bersyukur dan mengucapkan terima kasih atas dedikasi dan kerja keras petugas dalam melayani mereka.
Bertemu Menag, Jemaah Sumbar Ucapkan Terima Kasih Atas Dedikasi Petugas Haji