Topi Selo Bolek Godang: 1000 Lopek Kucuik Sonok Diarak Bundo Kanduang

Topi Selo Bolek Godang: 1000 Lopek Kucuik Sonok Diarak Bundo Kanduang

Foto: Prokopim Setda Tanah Datar

Langgam.id - Dalam rangkaian Kalender Satu Nagari Satu Event, Nagari Tapi Selo Bolek Godang menggelar pawai yang meriah pada Sabtu siang (27/07/2024). Acara ini menampilkan 1000 lopek kucuik sonok yang diarak oleh ibu-ibu Bundo Kanduang di sepanjang jalan menuju tenda utama di depan kantor Wali Nagari Tapi Selo.

Para Bundo Kanduang terlihat anggun mengangkat jamba yang berisi makanan tradisional khas Tapi Selo di atas kepala mereka. Beberapa di antaranya juga membawa talam yang penuh dengan lopek kucuik sonok, makanan dari beras ketan yang dibungkus dengan daun pisang, disajikan dengan tambahan pisang dan manisan atau gula aren.

Selain pawai arak-arakan, acara juga menampilkan tradisi manjapuik marapulai jo kudo bagonto, di mana Bupati Eka Putra didampingi Ketua TP PKK Lise Eka Putra dan rombongan berarak menuju rumah gadang untuk makan bajamba sesuai dengan tradisi adat setempat.

Di hadapan ribuan masyarakat dan tamu undangan, Bupati Tanah Datar Eka Putra menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya terhadap upaya melestarikan tradisi-tradisi tempo dulu dalam event besar yang kini menjadi kalender pariwisata di Tanah Datar.

"Alhamdulillah, event ini bisa kita laksanakan kembali setelah sempat terhenti selama lebih kurang tiga bulan karena bencana yang melanda daerah kita. Kini, kita harus bangkit dan menjadikan pariwisata sebagai salah satu andalan untuk menggali potensi," ujar Bupati Eka Putra.

Ia menambahkan bahwa jumlah wisatawan di Sumbar mencapai 6,8 juta orang, dengan sekitar 1 juta pengunjung ke Tanah Datar. Pemkab terus berinovasi dengan berbagai event seperti satu nagari satu event, pacu jawi, dan festival pesona Minangkabau.

Gubernur Sumbar, yang diwakili Kepala Dinas Pariwisata Luhur Budianda, juga memberikan apresiasi tinggi atas pelaksanaan satu nagari satu event. "Hingga Juni 2024, kunjungan wisatawan ke Sumbar sudah mencapai 6,8 juta orang, dengan target 13,5 juta wisatawan nusantara dan lebih dari 31 ribu wisatawan mancanegara," jelasnya.

Wali Nagari Tepi Selo, Genta Maulana Akbar, mengatakan bahwa event Tapi Selo Bolek Godang dilaksanakan dari tanggal 27 hingga 29 Juli dan menjadi berkah bagi nagari, mendongkrak perekonomian masyarakat, serta mempererat silaturahmi.

"Ini pertama kalinya bolek godang dilaksanakan di Tapi Selo, dan sangat luar biasa. Perantau banyak yang pulang kampung untuk menyaksikan acara ini," ungkap Genta.

Ia berharap agar pemerintah daerah terus mendukung keberlanjutan pembangunan nagari, baik sarana dan prasarana serta fasilitas umum lainnya, guna mendukung event-event di masa depan. (*/Yh)

Baca Juga

Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Padang Panjang berhasil menangkap dua tersangka pencurian rel kereta api Ombilin
Polres Padang Panjang Tangkap 2 Tersangka Pencurian Rel Kereta Api di Ombilin
Jalan lintas Padang-Bukittinggi sudah bisa dilalui pasca kecelakaan beruntun di Jalan Raya Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian,
Jalan Padang-Bukittinggi Sudah Bisa Dilalui Pasca Kecelakaan Beruntun di Panyalaian
Jalan penghubung vital antara Nagari Tanjuang Barulak dengan tiga jorong di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, kini
Jalan Penghubung Tiga Jorong di Batipuh Rusak Parah, Ekonomi Warga Terhambat
Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, pada Selasa (8/10/2024) sekitar pukul
Kecelakaan Truk di Panyalaian, Akses Jalan Bukittinggi-Padang Putus Total
Pemkab Tanah Datar bekerja sama dengan provider, saat ini sedang membangun tiga tower Base Transceiver Station (BTS) di bawah
Kurangi Blank Spot, Tiga Tower BTS Dibangun di Tanah Datar