Penyelenggaraan Haji 2024 Sukses, Mahyudin: Patut Disyukuri Seluruh Petugas dan Jemaah Haji

Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumatra Barat menggelar acara tasyakuran sukses penyelenggaraan ibadah haji pada Selasa (23/7/2024)

Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin. [foto: Kemenag Sumbar]

Langggam.id - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sumatra Barat menggelar acara tasyakuran sukses penyelenggaraan ibadah haji pada Selasa (23/7/2024).

Pada kesempatan itu, Kepala Kanwil Kemenag Sumbar, Mahyudin mengatakan bahwa proses penyelenggaraan ibadah haji tahun 1445 H/ 2024 H adalah penyelenggaraan haji tersukses di sepanjang perjalanan penyelenggaraan ibadah haji.

"Kesuksesan itu perlu dan patut disyukuri oleh seluruh petugas dan jemaah haji," ujar Mahyudin dalam keterangan tertulisnya.

"Alhamdulillah hari ini kita syukuri sukses penyelenggaraan ibadah haji, mudah-mudahan dengan bersyukur ini, seluruh jemaah berdoa, supaya Kementerian Agama terus bisa memberikan pelayanan kepada jemaah haji dengan sebaik-baiknya pada masa yang akan datang," sambung Mahyudin.

Ia mengakui bahwa prosesi penyelenggaraan ibadah haji luar biasa. Mulai dari jemaah mendaftar, mengikuti manasik haji. Kemudian bisa berangkat dan menunaikan seluruh rangakaian ibadah haji dengan baik hingga kembali ke tanah air.

Menurut Mahyudin, kesuksesan haji tidak lepas dari perhatian yang dicurahkan Kementerian Agama untuk melaksanakan proses penyelenggaraan ibadah haji.

Hampir 75 persen kegiatan-kegiatan yang ada di Kementerian Agama itu terangnya, ditujukan untuk penyelenggaran ibadah haji.

"Hal ini dilakukan karena kita berharap bagaimana supaya proses penyelenggaraan ibadah haji bisa berjalan dengan baik dan lancar. Bapak ibu bisa saksikan kasus Muzdalifah tahun 2023 lalu, tahun 2024 ini tidak terjadi lagi, pukul 08.33 WAS semua jemaah sudah ada di Mina," ucapnya.

Oleh karena itu, kata Mahyudin, tentu tugas yang sangat berat ini, bagaimana caranya supaya perhatian yang 75 persen tadi yang ditujukan untuk penyelenggaraan ibadah haji, bisa berjalan dengan sukses.

"Persoalan-persoalan kecil yang muncul dan itu tidak mungkin tidak ada persoalan yang muncul, namun semua itu bisa diatasi dan diselesaikan dengan baik. Bapak ibu bisa bandingkan kesuksesan tahun ini dengan haji tahun sebelumnya," bebernya.

Ia berharap, kesuksesan haji yang diraih pada tahun 2024 ini akan berlanjut pada tahun yang akan datang.

"Kegiatan tasyakuran yang digelar serentak hari ini sebagai wujud syukur semua jemaah dan petugas atas suksesnya peyelenggaraan ibadah haji," tuturnya.

"Kami mengajak kita semua untuk bersyukur dan berterima kasih kepada Kementerian Agama bersama seluruh stake holder yang sudah berjibaku melaksanakan dan menyukseskan penyelenggaran ibadah haji yang berjalan sangat baik," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU), Ramza Husmen mengatakan penyelenggaraan haji di Embarkasi dan Debarkasi haji Padang juga berjalan dengan lancar dan sukses.

Diinformasikannya, tahun ini Embarkasi Padang memberangkatkan 6.604 jemaah haji dengan rincian, 4.837 orang dari Sumbar dan 1.683 dari Bengkulu.

"Sementara jemaah yang wafat sebanyak 14 orang. Hingga hari ini jemaah yang masih dirawat di tanah suci, 2 orang," ujarnya. (*/yki)

Baca Juga

Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) kembali menggelar BPKH Hajj Run 2024, program tahunan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat terlibat
Gelar BPKH Hajj Run 2024, BPKH: Persiapkan Fisik untuk Haji Sejak Dini!
Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) bekerja sama Universitas Andalas (Unand) mengadakan Seminar Nasional dengan tema "Investasi Keuangan
BPKH Jadikan Fatwa Ijtima Ulama Referensi Perbaikan Tata Kelola Dana Haji
Fase puncak haji di Arafah dan Muzdalifah sudah berlangsung. Mini aktivitas jemaah haji terpusat di kawasan Mina untuk mabit (menginap).
Fase Mabit di Mina, Menag Yaqut Cholil Qoumas Minta Petugas Siaga Bantu Jemaah
Kota Makkah Al Mukarramah tepatnya di Mina diguyur hujan setelah sebelumnya sempat muncul peringatan cuaca panas ekstrem yang berlangsung
Sempat Muncul Peringatan Gelombang Panas, Kota Makkah Diguyur Hujan
Komedian Cak Lontong mengapresiasi kinerja petugas Indonesia dalam penyelenggaraan ibadah haji 1445 H/2024 M.
Cak Lontong Apresiasi Kinerja Petugas Indonesia dalam Penyelenggaraan Haji
Jemaah haji Indonesia yang mengambil Nafar Awal akan mengakhiri fase menginap (mabit) di Mina pada 18 Juni 2024. Mereka akan kembali
Jemaah Haji Nafar Awal Mulai Kembali ke Hotel di Makkah Hari Ini