Ma'ruf Amin ke UIN Imam Bonjol, Pihak Kampus Sebut Tak Ada Unsur Politik

Ma'ruf Amin ke UIN Imam Bonjol, Pihak Kampus Sebut Tak Ada Unsur Politik

Prof. Dr. KH. Ma'ruf Amin. (Foto: jpp.go.id)

Langgam.id - Ketua Majelis Ulama Indonesia KH. Ma'ruf Amin yang juga salah satu calon wakil presiden, dijadwalkan akan jadi narasumber dalam Diskusi Ilmiah di Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang pada Jumat (8/2/2019) mendatang.

Diskusi bertema 'Arus Baru Ekonomi Indonesia yang Berbasis Ekonomi Keumatan', tersebut akan diadakan di Gedung Serbaguna UIN Imam Bonjol Padang.

Wakil Rektor I Bidang Akademik UIN Imam Bonjol, Hetti Waluati Triana mengatakan rencana awal adalah mengadakan bedah buku yang ditulis oleh Ma'ruf Amin.

"Kita berencana mengadakan bedah buku, namun karena prosesnya terlalu panjang akhirnya kita ubah, sehingga menjadi acara diskusi ilmiah. Apalagi mahasiswa masih dalam waktu libur," katanya saat ditemui di ruangannya di kampus UIN IB Padang pada Rabu (6/2/2019).

Menurut Hetti rencana diskusi tersebut awalnya ditawarkan oleh pihak Ma'ruf Amin kepada kampus.

"Kita diminta untuk memfasilitasi acara bedah buku tersebut, karena hal tersebut berkaitan dengan kegiatan ilmiah dan keilmuan kita memutuskan menerimanya," jelas Hetti.

Pertimbangan lainnya menurut Hetti karena Ma'ruf Amin adalah salah seorang ahli ekonomi syariah di Indonesia. Sehingga dengan diskusi nanti civitas akademika dapat menambah wawasan bagaimana ekonomi syariah itu seharusnya diterapkan.

Ketika ditanya tentang posisi Ma'ruf Amin yang juga sebagai calon wakil presiden, Hetti menegaskan bahwa acara nanti tidak akan berkaitan dengan politik.

Menurutnya Ma'ruf Amin memang tidak dapat dipisahkan dengan posisi politiknya, namun kampus menerimanya sebagai seorang akademisi.

"Kita asalkan acara tersebut berkaitan dengan kegiatan keilmuan dan akademik, siapa saja pasti akan kita terima," kata Hetti.

Menurut Hetti acara diskusi juga akan dikawal oleh Bawaslu untuk mencegah adanya unsur politik dalam acara nantinya. (Rahmadi/HM)

Baca Juga

Sebanyak 348 orang mahasiswa hari ini dilantik sebagai wisudawan dan wisudawati UIN Imam Bonjol Padang. Sama seperti hari sebelumnya, hari
Wisuda Hari Ketiga, UIN Imam Bonjol Padang Luluskan 348 Wisudawan
Student Literacy Camp (SLC) merupakan pintu masuk menjadi peserta Student Mobility Program (SMP). Peserta terbaik SLC 2024, bila memenuhi
Ikut Seleksi SLC, Rebut Peluang ke Luar Negeri
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati menghadiri acara buka bersama yang diadakan oleh Kantor Atase Agama Kedutaan Besar Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang Hadiri Buka Bersama Atase Agama Kedubes Arab Saudi
Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Martin Kustati didampingi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Yasmadi dan Wakil Dekan I, Muhammad Kosim,
Tingkatkan Kualitas Pendidikan, UIN Imam Bonjol Padang Bakal Dirikan Labor Madrasah
UIN Imam Bonjol Padang menggelar upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional di lapangan parkir Rektorat Kampus III UIN Imam Bonjol Padang
UIN Imam Bonjol Padang Gelar Upacara Hari Pendidikan Nasional
Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang gelar pembukaan Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024 pada Senin (29/4/2024) di lapangan parkir gedung Rektorat.
850 Peserta dari 7 Fakultas di UIN Imam Bonjol Padang Ikuti Pekan Kreativitas Mahasiswa 2024