Hadir di Padang, Ma'ruf Amin Bicara Peran Cendikiawan Muslim Memajukan Bangsa

Hadir di Padang, Ma'ruf Amin Bicara Peran Cendikiawan Muslim Memajukan Bangsa

Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, menghadiri pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (Silaknas ICMI) dan peringatan ulang tahun ke-29 ICMI di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP). (Foto: Humas Pemprov Sumbar)

Langgam.id - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, menghadiri pembukaan Silaturahmi Kerja Nasional Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (Silaknas ICMI) dan peringatan ulang tahun ke-29 ICMI di Auditorium Universitas Negeri Padang (UNP), Kamis (5/12/2019).

Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin berharap agar ICMI dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia hingga tingkat akar rumput. Seperti meningkatkan SDM yang bersandar pada ilmu pengetahuan dan teknologi.

"Termasuk dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, saya berharap ICMI dapat menjawab tantangan di zaman sekarang," katanya.

Menurutnya, tantangan zaman ke depan semakin kompleks. Indonesia dihadapkan pada tantangan bagaimana menekan hingga menghilangkan kemiskinan dan ketimpangan di semua wilayah.

"Kemudian imunisasi umat dari pemikiran radikalisme, peran ICMI sangat penting dalam menyiapkan generasi masa depan," ujarnya.

Sementara ketua ICMI, Jimly Asshiddiqie, mengatakan ulama dan cendikiawan sama saja, terutama dalam memajukan Indonesia. Dia juga berterimakasih karena Wapres bersedia menjadi ketua Dewan Penasehat ICMI.

"Kita juga bantu beliau dalam memperkuat peran wakil presiden," katanya.

Menurutnya, dalam membangun Indonesia perlu kolaborasi antara umara dan cendikiawan. Untuk itu harus ada kedekatan yang baik antara cendikiawan dan umara.

"Kita menghadapi banyak hal baru, seperti demokrasi dan ekonomi pasar sama sama pasar bebas, ulama dan cendekiawan perlu berkolaborasi mengawal kehidupan yang semakin bebas ini," ujarnya.

Usai memberikan kata sambutan, Wapres RI langsung kembali ke bandara menuju ke Jakarta. (Rahmadi/RC)

Baca Juga

Pemprov Sumbar Gelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar Cabai Merah di 7 Kabupaten Kota
Pemprov Sumbar Gelar Gerakan Pangan Murah dan Operasi Pasar Cabai Merah di 7 Kabupaten Kota
Di Padang, KH Ma'ruf Amin Ungkap Pendapat Soal Cawapres 2024
Di Padang, KH Ma'ruf Amin Ungkap Pendapat Soal Cawapres 2024
Wakil Presiden Ma'ruf Amin akan memperjuangkan Syekh Sulaiman Ar Rasuli atau nyiak Canduang diangkat menjadi pahlawan nasional
Wapres Akan Perjuangkan Syekh Sulaiman Ar Rasuli atau Inyiak Canduang Jadi Pahlawan Nasional
Berita Bukittinggi - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Wapres Ma'ruf Amin, meluncurkan Gernas BBI di Bukittinggi.
Luncurkan Gernas BBI di Bukittinggi, Ma'ruf Amin: UMKM Jangan Sampai Stunting, Kerdil Terus
Pemutihan Pajak Kendaraan di Pasaman Barat Berlangsung Hingga Juni
Pemutihan Pajak Kendaraan di Pasaman Barat Berlangsung Hingga Juni
aliansi-mahasiswa-di-unand-minta-pimpinan-perpanjang-waktu-pembayaran-spp
Aliansi Mahasiswa di Unand Minta Pimpinan Perpanjang Waktu Pembayaran SPP