BI Sumbar Luncurkan Serambi 2024, Siapkan Rp3,6 Triliun Uang Baru untuk Lebaran

BI Sumbar Luncurkan Serambi 2024, Siapkan Rp3,6 Triliun Uang Baru untuk Lebaran

Program Serambi 2024 resmi diluncurkan BI Sumbar. (Foto: Infopublik)

Langgam.id – Bank Indonesia (BI) Perwakilan Wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idulfitri (Serambi) 2024. Program ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan uang pecahan kecil dan baru menjelang Ramadan dan Idulfitri 1445 Hijriah.

Kepala Perwakilan BI Sumbar, Endang Kurnia Saputra, mengatakan bahwa Serambi 2024 merupakan hasil kolaborasi antara BI Sumbar dengan perbankan di Sumatera Barat.

"Kegiatan ini bertujuan untuk menyediakan layanan penukaran uang kecil yang mudah diakses oleh masyarakat, serta meningkatkan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah," ujar Endang di pelataran parkir Memorabilia BI Muaro, Kota Padang, Sumbar pada Selasa (19/3/2024).

Endang menjelaskan, BI Sumbar menyediakan Rp3,6 triliun uang baru untuk program Serambi 2024. Uang tersebut telah didistribusikan ke 156 titik penukaran di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.

"Masyarakat dapat menukarkan uang baru di seluruh bank yang ada di Sumatera Barat, baik Bank Himbara maupun Bank Swasta," kata Endang dilansir

Untuk mengantisipasi antrean panjang, BI Sumbar membatasi penukaran uang baru maksimal Rp4 juta per orang per hari.

"Masyarakat yang ingin menukar lebih dari Rp4 juta dapat kembali mengantri di hari berikutnya," jelas Endang.

Selain layanan penukaran uang, Serambi 2024 juga akan mengadakan berbagai kegiatan edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBPR) kepada masyarakat.

Kegiatan edukasi CBPR bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang ciri-ciri keaslian uang Rupiah, cara merawat uang Rupiah, dan bahaya uang palsu.

"Kami berharap program Serambi 2024 dapat membantu masyarakat dalam mendapatkan uang kecil dan baru yang layak edar, serta meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keaslian dan kelestarian uang Rupiah," kata Endang. (*/Fs)

Baca Juga

Bidpropam Polda Sumbar mulai melakukan sidang kode etik terhadap para personel yang diduga tidak profesional saat membubarkan aksi tawuran
Polda Sumbar Mulai Sidang Kode Etik Anggota Tidak Profesional saat Bubarkan Tawuran di Kuranji
BPBD Kabupaten Solok, Sumatra Barat (Sumbar), meralat jumlah korban tertimbun longsoran di lokasi tambang emas ilegal adalah 22 orang
BPBD Solok Ralat Data Korban Longsor Tambang Emas Ilegal: Total 22 Orang, Meninggal 11
Sebanyak 11 orang dilaporkan meninggal dan 25 orang lainnya masih tertimbun di lokasi tambang emas di Sungai Abu, Kecamatan Hiliran Gumanti,
Tambang Emas Ilegal di Solok Ternyata Sudah Beberapa Kali Dirazia Polisi
Sumatera Barat, sebuah provinsi yang dikenal memiliki sejarah politik yang kaya dan beragam, selalu menunjukkan dinamika politik yang unik.
Rasionalkah Rasionalitas Politik Orang Minang?
Bawaslu Padang Peringatkan Paslon Soal Kampanye di Tempat Ibadah Bisa Berujung Pidana
Bawaslu Padang Peringatkan Paslon Soal Kampanye di Tempat Ibadah Bisa Berujung Pidana
Mahyeldi Cuti Kampanye, Audy Joinaldy Resmi Jabat Plt Gubernur Sumbar
Mahyeldi Cuti Kampanye, Audy Joinaldy Resmi Jabat Plt Gubernur Sumbar