Berlibur ke Bukittinggi, Polresta Imbau Pengunjung Waspadai Sejumlah Hal

Berlibur ke Bukittinggi, Polresta Imbau Pengunjung Waspadai Sejumlah Hal

Jam gadang dan Gunung Singgalang. (Foto: Arjuna/Film Kampuang Ramadan-Dispar Sumbar)

Langgam.id - Kepolisian Resor Kota (Polresta) Bukittinggi mengimbau wisatawan dan pengunjung yang berwisata ke kota tersebut dalam suasana libur akhir tahun kali ini, untuk mewaspadai sejumlah hal.

Kasi Humas Polresta Bukittinggi AKP. Sitinjak dalam keterangan tertulisnya mengatakan, Bukittinggi selalu menjadi alternatif kota tujuan wisata bagi wisatawan dari maupun luar wilayah Sumatera Barat.

Menurutnya, tingginya aktivitas masyarakat akan berdampak pula terhadap situasi kamtibmas.

"Dengan ramainya pengunjung, para pelaku kejahatan akan memanfaatkan kesempatan tersebut," katanya, sebagaimana dirilis situs resmi Polri, Selasa (27/12/2022).

Sehubungan dengan hal tersebut, menurutnya, Polresta Bukittinggi menghimbau kepada masyarakat yang berwisata ke Kota Bukittinggi, untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Jangan mempergunakan perhiasan yang mencolok, jaga barang bawaan, parkirkan kendaraan pada tempat yang ada petugas parkirnya, kunci kendaraan jangan tertinggal serta gunakan kunci ganda, jangan tinggalkan barang berharga di dalam kendaraan," katanya.

Baca Juga: Jelang HUT Kota Ke-238, Warga Bukittinggi Ikuti Salawat Bersama

Ia mengatakan, kepolisian melakukan langkah antisipasi di momen libur akhir tahun 2022 ini dengan menggelar kegiatan Operasi Kepolisian Terpusat, khusus di Polda Sumatera Barat dengan sandi Operasi Lilin Singgalang 2022.

Bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan Kepolisian, katanya, bisa mendatangi pos-pos pengamanan Operasi Lilin Polresta Bukittinggi yang tersebar di beberapa titik lokasi atau bisa datang ke kantor Polisi terdekat.

"Pos pengamanan ada di Jam Gadang, Padang Luar, Tanjung Alam, Baso, Simpang Gadut dan Tugu Polwan," ujarnya.

Sedangkan pos pelayanan, menurutnya, ada di dua titik, yakni di Objek Wisata Kebun Binatang dan Panorama Lubang Jepang. "24 jam Personil Stand By di Pos Pengamanan," katanya. (*/SS)

Ikuti berita Sumbar terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Selama libur Lebaran 2024, tingkat hunian hotel dan penginapan di Kota Bukittinggi, Sumatra Barat (Sumbar), mengalami kenaikan 100 persen
Lebaran 2024, Tingkat Hunian Hotel di Bukittinggi Naik 100 Persen Dibanding 2023
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Sempat Terhambat Akibat Air Meluap di Kelok Hantu, Jalan Raya Padang Panjang - Bukittinggi Buka Tutup
Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi telah menyiapkan 14 titik parkir resmi selama libur Idul Fitri 1445 Hijriyah atau 2024. Belasan titik
Pemko Bukittinggi Siapkan 14 Titik Parkir Resmi, Ini Lokasi dan Tarifnya
Bantuan beras dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Bukittinggi, belakang menjadi sorotan. Di media sosial, heboh bantuan itu karena
Heboh Beras Bantuan Baznas Ada Foto Wali Kota Bukittinggi, Banyak Dikecam
Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Stasiun Lambuang di bekas Stasiun Kereta Api Bukittinggi. Stasiun Lambuang ini akan menjadi pusat
Stasiun Lambuang Bukittinggi Diresmikan Menteri BUMN, Bakal Jadi Pusat Kuliner Terbesar di Sumbar
Seorang pelajar SMPN 4 Bukittinggi bernama Fritzy Lorenzo (14) ditemukan meninggal dunia di belakang Stadion Atas Ngarai pada Selasa
Sempat Dikabarkan Hilang, Pelajar SMP di Bukittinggi Ditemukan Meninggal Dunia