Cerita Genius Umar, Wali Kota Pariaman yang Giat Bangun Jalan

Langgam.id - Genius Umar terus menggaungkan dan berkomitmen untuk menjadikan daerah yang ia pimpin sebagai Kota Smart City di Indonesia.

Genius Umar, Wali Kota Pariaman. [Foto: Dok. Media Center Kota Pariaman]

Langgam.id - Keterbatasan anggaran dan di tengah mewabahnya Virus Corona (Covid-19), Wali Kota Pariaman, Genius Umar tak gentar sedikitpun untuk memberikan akses jalan yang layak bagi rakyatnya.

Karena anggaran terbatas, Genius Umar harus putar otak, agar jalan bisa dibangun, ia merangkul masyarakat dan perantau agar rencananya berjalan meski tanpa anggaran.

"Berkat kerja sama dengan masyarakat dan para perantau ini, kami bersyukur hingga kini seluruh jalan di desa dan kecamatan sudah tersambung," ujar Genius Umar dikutip dari situs resmi milik Pemko Pariaman, Sabtu (1/10/2022).

Geninus bercerita, bahwa ia telah membangun jalan sepanjang 40 kilometer yang digadang-gadangkan tanpa Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk mempermudah jalur distribusi dan mobilisasi masyarakatnya.

"Yang paling sulit itu membuka jalan. Nah, untuk melakukan ini, kami menggandeng masyarakat dan para perantau di ibu kota untuk membuka jalan dan melapisinya dengan kerikil-kerikil, barulah setelah itu kami minta dilakukan pengaspalan ke pemerintah pusat," ungkapnya.

Genius menegaskan, bahwa infrastruktur berupa jalan sangat vital untuk pertumbuhan ekonomi di Kota Pariaman.

"Dengan infrastruktur jalan yang baik, otomatis ekonomi juga akan meningkat. Selain itu, pariwisata juga tumbuh, karena kami membangun jalan yang menjadi akses menuju sejumlah pantai," paparnya.

Di sisi lain, Genius mengapresiasi peran semua media dalam mempublikasikan kinerja dan program pembangunan Pemko Pariaman.

Baca juga: Kementerian PUPR Berikan Aset Jalan Senilai Rp 924 Juta ke Kota Pariaman

"Kami bekerja keras membangun, kemudian media tinggal menginformasikannya kepada masyarakat agar mereka mengetahui bahwa Pemko Pariaman membawa perubahan untuk kemajuan," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman menggelar Pariaman Barayo atau biasa disebut Pesta Pantai Pariaman pada momen libur Lebaran yaitu 11-21
Hingga Hari Keempat Pariaman Barayo, Pemko Raih PAD Rp215 Juta
Pemko Padang menghibahkan tanah seluas 8.056 meter persegi kepada Kemenag Padang. Tanah yang berada di Jaruai Kelurahan Bungus Barat,
MAN 4 Bakal Dibangun di Bungus, Pemko Padang Hibahkan Tanah ke Kemenag
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
BPJS Ketenagakerjaan Pariaman Gelar Bersih-bersih Pantai Gandoriah
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Pemko Pariaman Minta Pelaku Usaha Manfaatkan Katalog Lokal
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Wako Pariaman Dukung Sanggar Darak Badarak di IGT
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman
Menteri Halim Launching Lomba Desa di Pariaman