STQH Nasional Usai: Jakarta Juara Umum, Sumbar Peringkat 10

Sumbar final STQH, jakarta juara stqh, emas stqh sumbar

Salah satu lokasi lomba STQH Nasional 2021 [foto: Kemenag Sumbar]

Langgam.id - DKI Jakarta berhasil menjadi juara umum Seleksi Tilawatil Quran dan Hadis (STQH) Nasional ke-26 yang digelar di Sofifi, Maluku Utara.

DKI Jakarta mengumpulkan 9 medali, disusul Jawa Timur 8 medali, dan Sumatra Utara 6 medali. Sedangkan Sumatra Barat (Sumbar) menduduki peringkat 10.

Sumbar berhasil meraih juara di kategori Musafir Terbaik oleh Rusydi Haris Dwi Putra di cabang Tafsir Bahasa Arab, dan kategori Musafirah Harapan oleh Fithri Mardhiyyah.

Juara harapan 3 juga diraih Fathiyah Arafah Afsyah kategori Hafalan 5 Juz dan Tilawah, dan  juara harapan 2 pada cabang Tilawah Alquran oleh Dasrizal.

Baca juga: Rusyidi Haris Dwiputra Jadi Satu-satunya Kafilah Sumbar di Final STQH Nasional

Hasil tersebut disampaikan pada saat penutupan STQH yang digelar secara hybrid dan dipusatkan di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Kota Sofifi, Maluku Utara, Jum'at (22/10/21) malam. Acara tersebut ditutup langsung oleh Wakil Menteri Agama (Wamenag), Zainut Tauhid Sa’adi.

Ketua Pimpinan Kafilah sekaligus Kepala Biro Kesra Setdaprov Sumbar Syaifullah mengatakan, pencapaian saat ini sangat luar biasa melihat pelatihan atau pembinaan kafilah masih minum, hanya tiga kali pelatihan.

"Keutamaan ajang ini tidak terletak dari kalah menangnya kafilah tetapi semangat membumikan Alquran dan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat," katanya, Sabtu (23/10/2021).

"Selain pelatihan yang minim, hasil seleksi kafilah tingkat provinsi memang banyak wajah-wajah baru (pengkaderan) seperti belum pernah berlaga ditingkat nasional," sambung Syaifullah

Ia memastikan ke depannya akan melakukan evaluasi untuk meraih hasil yang lebih baik.

Diketahui, STQH Nasional ke-26 digelar di Sofifi, Maluku Utara sejak 14 Oktober. Perhelatan ini digelar dengan empat cabang lomba, yakni Tilawah Alquran Hafalan Alquran, Tafsir Bahasa Arab, dan Musabaqah Hadis. (Mg Lisa)

Baca Juga

Pemilu 2024 sudah memasuki tahap pleno di tingkat Provinsi Sumatra Barat. Sebelumnya, berdasarkan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten
Pilgub Sumbar 2024: Andre Rosiade dan Mulyadi Diprediksi Tak Ikut Berlaga
Program Studi di Luar Kampus Utama Universitas Negeri Padang (PSDKU UNP) rencananya akan dibuka di Kabupaten Kepulauan Mentawai.
Pilgub Sumbar 2024: Tak Hanya Audy, Mahyeldi Disebut Dekati Fadly Amran dan Sutan Riska
99 Tahun Gedung De Javasche Bank Padang (2)
99 Tahun Gedung De Javasche Bank Padang (2)
Melambung Tinggi, Harga Emas di Padang Capai Rp3,1 Juta
Melambung Tinggi, Harga Emas di Padang Capai Rp3,1 Juta
Tenggelam di laut - Pria tewas saat selamatkan orang
Seorang Anak yang Hilang Terseret Ombak di Pantai Air Manis Padang Ditemukan Meninggal
Warga Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) digegerkan dengan penemuan mayat seorang laki-laki dengan kondisi mengenaskan
Satpam Koperasi di Agam Ditemukan Meninggal, 2 Mata dan Telinganya Hilang