Langgam.id - Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Payakumbuh yang dikelola oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) selalu menjadi tujuan bagi daerah lain untuk melakukan studi terkait pelayanan publik.
Terbaru, MPP Kota Payakumbuh dikunjungi oleh dua pemerintah daerah pada Kamis (21/10/2021). Yaitu, DPMPTSP Kota Sungai Penuh, Provinsi Jambi dan DPMPTSP Naker Kabupaten Solok.
Kunjungan kedua dinas dari dua daerah yang berbeda ke MPP Kota Payakumbuh ini karena berencana untuk membangun MPP di daerahnya masing-masing.
Kepala DPMPTSP Kabupaten Sungai Penuh Yulia Rosa yang membawa rombongan sebanyak 15 orang mengatakan, kedatangannya ke Payakumbuh guna bertukar informasi.
Selain itu, kunjungannya itu juga untuk mempelajari sistem pengelolaan dan fasilitas MPP Kota Payakumbuh.
Yulia menyatakan kekagumannya saat melihat Mal Pelayanan Publik Kota Payakumbuh. Di mana berada satu atap dengan kantor wali kota tersebut.
“Kami kagum dengan MPP yang dikonsep Pemko Payakumbuh ini. Keberadaannya mampu menyedot orang datang ke layanan satu pintu mengurus perizinan, bayar pajak, urusan lain di dinas-dinas yang ada di pemerintahan," ujar Yulia.
Sementara itu, Kasubag Umum dan Kepegawaian DPMPTSP Naker Kabupaten Solok Baitul Azwar bersama dua orang rombongannya juga memberikan apresiasi atas pelayanan di MPP Kota Payakumbuh yang ramah terhadap masyarakat rentan.
Selain itu terangnya, pelayanan di MPP Kota Payakumbuh taat mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi covid-19.
Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 Dosis I Kota Payakumbuh 41 Persen
Azwar menjelaskan, bahwa sebelumnya Pemkab Solok telah pernah berkunjung ke MPP Kota Payakumbuh. Yakni Asisten II Bidang Ekbang dan Kesra Medison.
“Pilihan untuk studi ke MPP Kota Payakumbuh merupakan pilihan terbaik. Di mana MPP Kota Payakumbuh sudah mendapat predikat A dari Kemenpan RB atas prestasinya,” bebernya.
Kelola 167 Layanan
Kepala DPMPTSP Kota Payakumbuh Harmayunis mengungkapkan, bahwa pelayanan yang ada di MPP Kota Payakumbuh selalu berinovasi dalam memberikan layanan terbaik bagi warga.
Saat ini terangnya, telah ada sebanyak 167 layanan yang dikelola di MPP Kota Payakumbuh. Kemudian, pihaknya tidak pernah membedakan keadaan/kondisi warga yang datang ke MPP.
"Di mana MPP kita tentunya ramah terhadap warga penyandang disabilitas. Dan kami juga ingin warga yang datang ke sini nyaman untuk kebutuhan hajat pokok mereka. Kami menyediakan fasilitas sanitasi setara dengan toilet di bandara,” ucapnya.