KPAI Dukung Pembelajaran Tatap Muka Asal Vaksinasi di Sekolah Sudah 70 Persen

sekolah tatap muka

Ilustrasi sekolah. [pixabay.com]

Langgam.id - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) melalui mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi Covid-19. Namun ada beberapa syarat yang harus dipenuhi menurut KPAI.

Syarat pertama, sekolah harus memenuhi segala syarat dan kebutuhan penyelenggaraan PTM terbatas termasuk memastikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Sekolah juga harus memastikan vaksnasi sudah dilakukan minimal 70 persen.

“Warga sekolah harus sudah divaksin, mengingat sudah ada program vaksinasi anak usia 12-17 tahun. Kalau hanya guru yang divaksin, maka kekebalan komunitas belum terbentuk, karena jumlah guru hanya sekitar 10 persen dari jumlah siswa. Sementara kekebalan kelompok terbentuk jika minimal 70 persen populasi sudah divaksin," kata Komisioner KPAI Retno Listyarti dalam keterangan tertulis yang diterima langgam.id, Senin (30/8/2021).

Baca juga: Pemko Padang Rencanakan Vaksinasi Covid-19 Bagi Siswa SMP

Dia mengatakan, KPAI mendorong pemerintah pusat melakukan percepatan dan penyediaan vaksinasi anak secara merata untuk melancarkan sekolah tatap muka. Sebab menurutnya masih banyak anak-anak yang belum divaksin karena belum mendapatkan kesempatan vaksinasi.

Dalam pembelajaran tatap muka, KPAI juga mendorong dinas pendidikan dan dinas kesehatan membat nota kesepahaman terkait pendampingan sekolah. Hal itu diperlukan agar pihak sekolah juga bisa mengambil langkah cepat dalam situasi tertentu.

“Sekolah perlu mendapat edukasi dan arahan dalam penyusunan protokol kesehatan atau SOP AKB di satuan pendidikan. Selain itu, sekolah dapat mengakses layanan fasilitas kesehatan terdekat ketika ada situasi darurat, misalnya ditemukan kasus warga sekolah yang suhunya di atas 37,3 derajat atau ada warga sekolah yang pingsan saat PTM berlangsung,” ucapnya. (Mg Afdal)

Baca Juga

vaksinasi
BIN Daerah Sumbar Gelar Vaksinasi Covid-19 di Pusat Perbelanjaan
Langgam.id - Pemerintah terus mendorong capaian vaksinasi Covid-19 dosis tiga di seluruh Indonesia sejak Januari 2022.
Program Vaksinasi Covid-19 Terus Dijalankan, BIN Daerah Sumbar Sasar Semua Kalangan
Langgam.id - Forum Anak Daerah (Forada) Pessel menerima penghargaan dari KPAI dengan peringkat nominasi 3 se-Indonesia.
Forum Anak di Pessel Terima Penghargaan dari KPAI
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumbar kembali menggelar akselerasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok.
BIN Daerah Sumbar Gelar Akselerasi Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Solok
Langgam.id - Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sumatra Barat (Sumbar) menggelar Vaksinasi Covid-19 secara serentak di 17 kabupaten dan kota
BIN Kembali Gelar Vaksinasi Covid-19 Serentak di 17 Kabupaten dan Kota di Sumbar
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Pasien positif Covid-19 meninggal dunia di Sumbar bertambah enam lagi, totalnya jadi 2.182 orang.
Data Kemenkes, 35 Pasien Positif Covid-19 Meninggal Dunia Setelah Booster