ATBM Persingkat Waktu Tenun Pandai Sikek dari 40 Hingga 5 Hari

ATBM Persingkat Waktu Tenun Pandai Sikek dari 40 Hingga 5 Hari

Gubernur Sumbar Mahyeldi memperhatikan cara kerja ATBM di Pandai Sikek. (Foto: Biro Adpim Setdaprov Sumbar)

Langgam.id - Warga Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar, mengharapkan bantuan alat tenun bukan mesin (ATBM) dari Pemerintah Provinsi Sumatra Barat (Sumbar). ATBM mempersingkat waktu tenun dari 40 hari hanya menjadi 5 hari saja.

Wali Nagari Pandai Sikek Armen mengatakan, bantuan pengadaan ATBM akan membuat semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam produksi tenun. "Sehingga perekonomian bisa bergerak dan kesejahteraan keluarga bisa tercapai," katanya.

Harapan itu ia sampaikan pada Gubernur Sumbar Mahyeldi yang mengunjungi Pandai Sikek pada Minggu (8/8/2021). "Songket pandai sikek tidak hanya terkenal di Sumatera Barat tetapi sudah go nasional bahkan internasional. Pasarnya sangat luas," katanya, sebagaimana dirilis akun resmi Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setdaprov Sumbar.

Baca Juga: Pengrajin Songket Pandai Sikek Butuh Bantuan Alat Tenun Bukan Mesin Modifikasi

Menurutnya, saat ini, generasi muda di nagari tersebut aktif memberikan pelatihan kepada ibu-ibu rumah tangga yang berminat menjadi pengrajin tenun.

Menjawab itu, gubernur mengatakan, akan mengupayakan bantuan peralatan ATBM untuk sentra tenun di Pandai Sikek dari dinas terkait. "Agar semakin banyak masyarakat yang terlibat dalam produksi kain khas tersebut. Kita coba upayakan pada APBD Perubahan. Kalau tidak memungkinkan pada APBD 2022," kata Mahyeldi.

Menurutnya, inovasi masyarakat Pandai Sikek memodifikasi alat tenun manual menjadi ATBM berpengaruh signifikan pada produksi kain Songket khas daerah itu.

"Inovasi ini membuat waktu produksi Songket Pandai Sikek terpangkas dari awalnya 40 hari menjadi hanya lima hari. Inovasi seperti ini patut menjadi contoh bagi semua pihak untuk mendorong peningkatan perekonomian masyarakat," kata gubernur.

Gubernur mengatakan berkat inovasi itu semakin banyak ibu-ibu rumah tangga yang berminat untuk membuat kain songket dengan menggunakan peralatan yang baru karena lebih efisien dari segi waktu.

Hal itu secara langsung telah memberikan peningkatan kesejahteraan keluarga karena satu kain songket dihargai cukup mahal. Ditambah lagi pasar untuk kerajinan itu terbuka lebar. (*/SS)

Baca Juga

Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Dony Oskaria, Putra Tanah Datar Kandidat Wakil Menteri BUMN
Tim Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Padang Panjang berhasil menangkap dua tersangka pencurian rel kereta api Ombilin
Polres Padang Panjang Tangkap 2 Tersangka Pencurian Rel Kereta Api di Ombilin
Jalan lintas Padang-Bukittinggi sudah bisa dilalui pasca kecelakaan beruntun di Jalan Raya Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian,
Jalan Padang-Bukittinggi Sudah Bisa Dilalui Pasca Kecelakaan Beruntun di Panyalaian
Jalan penghubung vital antara Nagari Tanjuang Barulak dengan tiga jorong di Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat, kini
Jalan Penghubung Tiga Jorong di Batipuh Rusak Parah, Ekonomi Warga Terhambat
Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di Jorong Koto Tuo, Nagari Panyalaian, Kabupaten Tanah Datar, pada Selasa (8/10/2024) sekitar pukul
Kecelakaan Truk di Panyalaian, Akses Jalan Bukittinggi-Padang Putus Total
Pemkab Tanah Datar bekerja sama dengan provider, saat ini sedang membangun tiga tower Base Transceiver Station (BTS) di bawah
Kurangi Blank Spot, Tiga Tower BTS Dibangun di Tanah Datar