9 Penghulu Suku di Nagari Padang Magek Tanah Datar Batagak Gala

Langgam.id - Sebanyak sembilan ninik mamak pamangku adat atau penghulu suku di Nagari Padang Magek Tanah Datar batagak gala.

9 ninik mamak pamangku adat atau penghulu suku di Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) batagak gala, Minggu (9/10/2022). [Foto: Irwanda/langgam.id]

Langgam.id - Sebanyak sembilan ninik mamak pamangku adat atau penghulu suku di Nagari Padang Magek, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar) batagak gala pada, Minggu (9/10/2022).

Batagak gala penghulu ini berasal dari empat suku yakni Malayu, Supanjang, Bodi Jantan dan Bodi Batino. Prosesi alek batagak gala penghulu berlangsung di Balai Adat Nagari Padang Magek.

Para penghulu suku di antaranya Zulkifli Dt. Elo dari suku Bodi Tino. Kemudian untuk penghulu suku Malayu adalah Arifin Dt. Rangkayo Mulia, Elfi Syukri Dt. Jonan Satu dan Hendra Dt. Mangkuto Jo Lelo.

Selanjutnya penghulu suku Supanjang adalah Letda Inf Mardison Dt. Cumano, Erdimat Dt. Cumano serta Gito Aldivo Dt. Gamuak. Sementara penghulu suku Bodi Jantan terdiri dari
Afrizal Candra Dt. Nanti dan Yulfa Indra Dt. Marajo.

Wali Nagari Padang Magek, Syafril Jamal menyebutkan, sembilan orang penghulu suku yang dikukuhkan (batagak gala) ini tentunya akan memperkuat adat basandi syarak syarak basandi kitabullah di Nagari Padang Magek.

"Sembilan orang penghulu suku ini untuk berkelanjutan membimbing anak kemanakan," ujar Syafril kepada langgam.id, Minggu (9/10/2022).

Ia berharap kesembilan penghulu yang dikukuhkan ke depan menjalankan fungsi dan peran masing-masing dengan amanah. Sehingga anak kemanakan betul-betul dapat dibimbing.

Selain itu, kata Syafril, peran penghulu juga sangat penting dalam segi pembangunan daerah. Menurutnya, antara pemerintah dan kerapatan adat tidak akan bisa dipisahkan.

Baca juga: Kapolda Sumbar Diberi Gelar Adat, Gubernur Bicara Peran Selesaikan Konflik Lahan

"Karena (penghulu dan pemerintah) saling bahu-membahu, saling mengisi untuk pembangunan pemerintahan di Nagari Padang Magek yang terdiri dari tujuh jorong," katanya.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Bantuan terus berdatangan untuk korban banjir bandang di Tanah Datar. Kali ini bantuan datang dari Bulan Sabit Merah Uni Emirat Arab (UEA).
Bulan Sabit Merah Uni Emirat Arab Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar
Sebanyak lima unit huntara yang berada di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kecamatan Rambatan, Tanah Datar, sudah siap digunakan dan dihuni
Siap Dihuni, 5 Unit Huntara di Jorong Panti Tanah Datar Diserahkan ke Korban Galodo
Bupati Tanah Datar, Eka Putra meninjau kondisi sabo dam yang berada di Nagari Pasir Laweh, Senin (27/5/2024). Peninjauan itu dilakukan guna memastikan kondisi sabo dam
Pascabanjir Bandang, Bupati Tanah Datar Tinjau Kondisi Sabo Dam di Pasir Laweh
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
Bantuan berupa baju atau pakaian bekas di posko utama tanggap darurat bencana maupun di posko-posko nagari di Tanah Datar sudah menumpuk.
Pakaian Bekas Menumpuk, Ini Kebutuhan Mendesak Korban Bencana di Tanah Datar
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan
Peduli Bencana Tanah Datar, BM 3 Sumut Salurkan Bantuan dan Santunan