750 Pengendara di Padang Ditilang Melalui Tilang Mobile

750 Pengendara di Padang Ditilang Melalui Tilang Mobile

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya.

Langgam.id - Sebanyak 750 pengendara di Kota Padang kedapatan melakukan pelanggaran lalu lintas. Para pengendara ini terekam melalui sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) mobile atau tilang mobile.

Tilang mobile ini baru diluncurkan Direktorat Lalu Lintas Polda Sumbar pada 1 Desember 2022. Sistem tilang digital tersebut mengunakan kamera handphone yang dikendalikan personel lalu lintas.

Direktur Lalu Lintas Polda Sumbar Kombes Pol Hilman Wijaya mengatakan, mayoritas pelanggar merupakan pengendara sepeda motor.

"Kendaraan roda dua paling menominasi. Pelanggaran mulai tidak pakai helm hingga berboncengan tiga," kata Hilman kepada Langgam.id, Selasa (6/12/2022).

Hilman menyebutkan, untuk pengendara mobil bentuk pelanggaran paling banyak tidak menggunakan sabuk pengaman saat mengemudi.

"Dari 750 pengendara melanggar lalu lintas, 350 surat tilang telah kami kirim ke alamat pengendara," tuturnya.

Pengiriman surat tilang ini, kata dia, memanfaatkan jasa Kantor Pos Indonesia. Hilman mengungkapkan hampir sepekan penerapan tilang mobile, pihaknya tidak ada mengalami kendala.

"Meskipun sarana dan prasarana relatif terbatas, tapi sejauh ini tidak ada kendala dalam penerapan tilang mobile," katanya.

Hilman menegaskan, untuk saat ini pihaknya masih tetap melakukan tilang manual bagi pengendara. Tilang manual ini bagi kendaraan tanpa pelat nomor kendaraan.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang

"Kami akan tetap melakukan penilangan manual terhadap kendaraan tanpa pelat nomor atau pelat palsu," tuturnya.

Baca Juga

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Sumbar berganti dari Kombes Pol Hilman Wijaya kepada Kombes Pol Dwi Nur Setiawan.
Kombes Pol Dwi Nur Setiawan Jadi Dirlantas Polda Sumbar
Mantan Dirlantas Polda Sumbar Brigjen Pol Singgamata mengungkapkan kekecewaannya soal kondisi jogging track yang ada di Pantai Padang.
Kondisi Jogging Track Taplau Dikeluhkan Mantan Dirlantas Polda Sumbar, Ini Respons Dispar Padang
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Mulai Hari Ini, Tilang Mobile Berlaku di Padang
Viral Bule Termenung Terjaring Pemeriksaan Kendaraan di Padang, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Sumbar
Viral Bule Termenung Terjaring Pemeriksaan Kendaraan di Padang, Ini Penjelasan Dirlantas Polda Sumbar
Langgam.id - Mantan Dirlantas Kepolisian Daerah (Polda) Sumatra Barat (Sumbar), Kombes Pol Singgamata resmi naik pangkat jadi Bintang 1.
Mantan Dirlantas Polda Sumbar yang Berhasil Atasi Macet di Koto Baru Naik Pangkat Jadi Bintang 1
Pj Wali Kota Payakumbuh Jasman terus berupaya untuk mencari solusi untuk menyelesaikan persoalan sampah yang ada di Payakumbuh saat ini.
Atasi Masalah Sampah, Pemko Payakumbuh Ingin Pinjam Pakai TPA Regional Milik Pemprov