6 Petani Agam Disambar Petir, 1 Meninggal

6 Petani Agam Disambar Petir, 1 Meninggal

Ilustrasi petir (Pixabay.com)

Langgam.id - Satu dari enam orang petani meninggal dunia setelah disambar petir saat berteduh di pondokan sawah yang berlokasi di Kampung Pili, Jorong Pasar Bawan, Nagari Bawan, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar).

Peristiwa yang merenggut nyawa Yosmanto (31) itu terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, Senin (18/11/2019). Sebelumnya, korban sempat dilarikan ke Puskesmas Bawan bersama dua orang korban lainnya bernama Darlis (38) dan Dalinur (55). Sayangnya nyawa Yosmanto tak tertolong dan dia meninggal di Puskesmas.

Sementara, Darlis dan Dalinur yang sempat mendapat perawatan di puskesmas terpaksa dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Lubuk Basung. Hal ini agar kedua korban ditangani tim medis dengan alat yang memadai karena mengalami luka bakar cukup serius.

Sementara tiga petani lainnya, Anto (33), Faizal (20) dan Sabinar (54) selamat dari maut. Ketiganya berhasil menghindar dari sambaran petir yang menyasar pondok tempat mereka berteduh.

Paur Humas Polres Agam, Aiptu Sapta Beni membenarkan peristiwa para petani disambar petir tersebut. Ia menyebutkan, untuk korban meninggal telah diserahkan ke pihak keluarga dan dua korban masih dalam penangganan medis.

"Awalnya para petani ini sedang bekerja di sawah. Namun karena hujan yang cukup lebat sehingga mereka berteduh di pondokan. Di saat berteduh itulah korban disambar petir," ujar Beni dalam keterangan tertulisnya.

Ia mengungkapkan, pondok tersebut berada di tengah sawah milik masyarakat setempat. Hingga kini, dua korban masih penangganan tim medis di RSUD Lubuk Basung.

"Sekarang untuk korban meninggal jenazahnya sudah kami serahkan ke pihak keluarga untuk proses pemakaman. Kasus ini, murni karena bencana alam," tuturnya. (*/Irwanda/RC)

Tag:

Baca Juga

Presiden Joko Widodo menilai penanganan bencana di Sumatra Barat, yaitu di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, sudah berjalan
Presiden Nilai Penanganan Bencana di Sumbar Sudah Berjalan Baik
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Banjir Lahar Dingin Agam: 141 Ternak Terdampak
Fanta 2.0 dan relawan Prabowo Gibran, Gigih Brani 08, menyaluarkan bantuan kebutuhan pokok balita di posko pengungsian di SDN 08 Bukit
Fanta 2.0 dan Gigih Brani 08 Bagikan Kebutuhan Pokok Balita di Posko Pengungsian Agam
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Dapur Umum Dinsos Agam Suplai 3.000 Nasi Bungkus per Hari untuk Penyintas Bencana dan Relawan
Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Sumbar menyebutkan ada sebanyak delapan titik longsoran badan jalan (terban) akibat scoring .
Data Terbaru Bencana di Sumbar, BNPB: Korban Jiwa Capai 50 Orang
Sejumlah bangunan di Kabupaten Agam terdampak banjir bandang yang melanda daerah tersebut pada Sabtu (11/5/2024) malam. Salah satunya adalah SDN 03 Koto Tuo, Kecamatan IV Koto.
Diterjang Banjir Bandang, Bangunan SDN 03 Koto Tuo Agam Rusak Berat