58 Tenaga Medis Dikarantina, 1 Puskesmas di Pesisir Selatan Ditutup

58 Tenaga Medis Dikarantina, 1 Puskesmas di Pesisir Selatan Ditutup

Ilustrasi tenaga medis (Langgam.id/pi'i)

Langgam.id - Sebanyak 58 orang tenaga medis dan para medis dari Puskesmas Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan sejak Kamis (16/4/2020). Mereka menjalani  karantina di Rusunawa Painan Selatan.

Kabag Humas Pesisir Selatan, Rinaldi mengatakan dari 58 orang tersebut sampai sore kamis sudah masuk ke rumah karantina  51 orang. Dua orang dijemput malam hari, dan pagi ini dijemput sisanya.

"Kemaren malam mungkin karena hujan belum datang, hari ini sisanya mau kita jemput," katanya Jumat (17/4/2020).

Karantina dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Pesisir Selatan. Karena diduga telah terjadi transmisi lokal di Puskesmas Tarusan, karena ada kontak  dari pasien kasus positif sebelumnya.

Tidak semua petugas medis yang berada di puskesmas tersebut pernah kontak dengan pasien positif. Namun dikhawatirkan ada yang terkena dari orang lain yang sebelumnya telah kontak dengan pasien positif itu. Sehingga Gugus Tugas memutuskan untuk mengkarantina semuanya mencegah kemungkinan ada yang terjangkit.

Di dalam masa karantina mereka dilakukan tes swab untuk memastikan apakah mereka positif terinfeksi  virus corona atau tidak. Berdasarkan hasil tes tersebut, mereka yang positif dikirim ke rumah sakit dan bagi yang negatif dipulangkan kembali.

Ia mengatakan akan menyelesaikan pengambilan sampel hari ini semuanya. Lalu dikirim ke Laboratorium Fakultas Kedokteran Unand. Hasilnya diharapkan segera keluargar segera diambil tindakan.

"Kita berharap dengan Laboratorium Unand memprioritaskan ini, kalau yang negatif langsung pulang dan kembali bertugas, kalau positif kita rujuk ke rumah sakit M Zein Painan," katanya.

Sehubungan dengan pelaksanaan karantina tenaga medis dan para medis Puskesmas Tarusan pihak dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, memutuskan untuk  menghentikan  sementara waktu pelayanan Puskesmas Tarusan.

"Sementara kita hentikan disitu dan dipindahkan ke Puskesmas terdekat, puskesmas juga sudah kita semprot dengan disinfektan," katanya.

Selama Puskesmas Tarusan ditutup pelayanan kesehatan masyarakat Kecamatan Koto XI Tarusan, dilakukan pada Puskesmas Barung Barung Belantai, Puskesmas Pasar Baru dan Puskesmas lain yang ada di Kecamatan Bayang. (Rahmadi/SS)

Baca Juga

Ilustrasi Remaja meninggal
Satu Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Berhasil Ditemukan
Pencarian dua korban hanyut di sungai Batang Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, pada hari kedua, Jumat
Hari Kedua Pencarian, 2 Korban Hanyut di Batang Lunang Pessel Belum Ditemukan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Tokoh Agama Ali Amran Warnai Bursa Cawabup Pesisir Selatan
Dua warga terseret arus Batang Sungai Lunang di Kecamatan Lunang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatra Barat, Kamis (8/5/2024) sekitar pukul
2 Warga Terseret Arus Sungai Batang Lunang Pessel saat Langsir Sawit
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gempa M 4,6 Mengguncang Pesisir Selatan
Gubernur Sumbar: Berdayakan Potensi Daerah untuk Mencegah Stunting
Stunting di Pesisir Selatan Meningkat, Capai 2.314 Kasus