54 Warga Pesisir Selatan yang Kontak Langsung dengan Pasien Positif Covid-19 Diisolasi

Pemkab Pesisir Selatan Kembali Fungsikan Rusunawa Painan untuk Tempat Isolasi

Ilustrasi - karantina corona (Foto: Congerdesign/pixabay.com)

Langgam.id - Sebanyak 54 warga Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang diketahui kontak langsung dengan pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) pada kasus ketiga dan keempat diisolasi.

Kabag Humas dan Protokoler Kabupaten Pesisir Selatan, Rinaldi menyebutkan, 54 warga yang diisolasi tersebut terdiri dari keluarga dekat pasien. “Puluhan orang yang diisolasi itu pernah kontak langsung dengan pasien ketiga dan keempat, rata-rata mereka merupakan keluarga dekat, karena sebelum dinyatakan positif, kedua pasien itu isolasi mandiri di rumah masing-masing,” ujarnya, Kamis (9/4/2020).

Puluhan warga itu, jelas Rinaldi, saat ini sudah menjalani isolasi. “Mereka akan diisolasi selama 14 hari, tentunya dengan pengawasan tenaga medis,” jelasnya.

Angka warga yang diketahui pernah kontak langsung dengan pasien positif Covid-19, katanya, menurun dibandingkan jumlah warga yang kontak langsung dengan pasien pertama dan kedua yang telah diisolasi sebelumnya.

Kalau pasien pertama dan kedua, sebanyak 119 warga diketahui pernah kontak langsung dengan pasien, dengan rincian sebanyak 62 warga kontak langsung dengan pasien pertama dan sebanyak 57 warga kontak langsung dengan pasien kedua.

“Isolasi itu penting, hal ini bisa dibuktikan dengan berkurangnya jumlah warga yang pernah kontak karena pasien ketiga dan keempat, berbeda jika tidak melakukan isolasi, tentu jumlah warga yang kontak akan lebih banyak,” ucapnya.

Sementara, warga Pesisir Selatan yang merupakan pasien ketiga saat ini dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil Padang. Lalu, pasien keempat dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M Zein Painan.

Lalu, pasien kedua saat ini juga masih menjalani perawatan di RSUP M Djamil Padang dan kondisinya sudah berangsur membaik.

Kemudian, pasien pertama yang sebelumnya dirawat di RSUP M Djamil Padang sudah berada di rumahnya dan sudah dinyatakan sembuh. (*/ZE)

Baca Juga

Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Ribuan Komix Herbal untuk Korban Banjir Lahar Dingin dan Longsor Sumbar
Nofel Nofiadri
Galodo Soko dalam Kontestasi Kepala Daerah
Anggota Dewan Pembina DPP Partai Gerindra,Andre Rosiade mengucapkan selamat kepada Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran
Anggap sebagai Kampung Halaman, Prabowo Berkomitmen Bangun Sumbar