501 Unit Alsintan Prapanen Bakal Disalurkan ke Keltan di Agam

501 Unit Alsintan Prapanen Bakal Disalurkan ke Keltan di Agam

Alat mesin pertanian (alsintan). (foto: amcnews.co.id)

Langgam.id - Sebanyak 501 unit alat mesin pertanian (alsintan) prapanen akan disalurkan untuk kelompok tani (keltan) di Kabupaten Agam di tahun ini.

Bantuan yang bersumber dari pokok-pokok pikiran (pokir) DPRD Sumbar tahun 2020 dan 2021 tersebut, diperuntukkan bagi kelompok tani sesuai aspirasi yang diterima di lapangan.

Kasi Pupuk Pestisida dan Alsintan Dinas Pertanian Kabupaten Agam Yefnidawati mengatakan, 501 alsintan prapanen ini terdiri dari berbagai jenis yaitu handtraktor, kultifator, mesin potong rumput dan handsprayer.

Yefnidawati mengungkapkan, bahwa ia baru menerima informasi terkait jumlah alsintan. Namun terkait kelompok tani yang akan mendapatkan bantuan ini,  daftarnya belum diterima dari provinsi.

Baca juga: Puluhan Tahun Ditinggalkan, Sebuah Kampung di Maninjau Agam Dihidupkan Kembali

“Yang jelas kelompok tani menerima bantuan alsintan ini yaitu bagi kelompok sudah terdaftar di Sistem Penyuluh Pertanian (Simuluhtan),” ujarnya, Senin (29/3/2021).

Yefnidawati menyebutkan, diperkirakan pada April 2021 nanti, bantuan tersebut sudah mulai disalurkan kepada kelompok tani yang ada di Agam.

Ia mengungkapkan, bahwa bantuan itu sangat besar manfaatnya bagi petani. Seperti, dapat mempercepat proses tanam, pengurangan biaya dan lainnya. (*/yki)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

139 Santri Tamat dari MTI Canduang Tahun Ini
139 Santri Tamat dari MTI Canduang Tahun Ini
Wakil Bupati (Wabup) Agam, Sumatra Barat, Irwan Fikri mengajukan pengunduran dari jabatannya melalui sebuah surat ke DPRD setempat.
Disebut Mundur dari Wabup Agam karena Nyaleg, Ini Kata Irwan Fikri
Irwan Fikri memutuskan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Bupati Agam. Mundurnya Irwan Fikri dibenarkan Partai Demokrat Mulyadi.
Irwan Fikri Mundur dari Wabup Agam, Ini Kata Demokrat Sumbar
Desa Wisata Lawang yang berada di Nagari Lawang, Kecamatan Matur, Kabuparen Agam, merupakan satu dari lima desa wisata di Sumbar masuk ADWI
Masuk 75 Besar ADWI 2023, Ini Keunikan Desa Wisata Lawang Menurut Kemenparekraf
Diduga menjual sabu, seorang pemuda berinisial B (28) ditangkap Polres Agam pada Selasa (9/5/2023) sekitar pukul 01.30 WIB di rumah orang
Nekat Jual Sabu Demi Beli Chip, Pemuda di Agam Diringkus Polisi
Kepulangan Perantau Agam, Perputaran Uang Miliaran Rupiah
Kepulangan Perantau Agam, Perputaran Uang Miliaran Rupiah