50 Unit Konsentrator Bantuan Panglima TNI Diharapkan Tekan Angka BOR di Padang

Langgam.id-konsentrator oksigen

Gubernur Sumbar Mahyeldi saat menyambut kedatangan bantuan 50 unit konsentrator oksigen dari Panglima TNI pada Selasa lalu (10/8/2021). [foto: IG Mahyeldi]

Langgam.id - Pemprov Sumbar mendistribusikan 50 unit konsentrator oksigen ke daerah-daerah. Bantuan dari Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dapat meningkatkan keterisian rumah sakit di daerah sehingga tidak selalu dirujuk ke Padang.

Gubernur Sumbar Mahyeldi mengatakan, 50 unit oksigen konsentrator didistribusikan pada rumah sakit di kabupaten kota agar bisa menangani pasien covid-19 lebih baik. Sehingga tidak terlalu banyak memberikan rujukan ke rumah sakit di Padang. Diharapkan angka Bed Occupancy Rate (BOR) tidak terus naik.

"Dengan pendistribusian oksigen konsentrator diharapkan daerah lebih mampu menangani pasien. Tidak semua dirujuk ke Padang, sehingga BOR di Padang bisa ditekan," katanya di Padang, Rabu (11/8/2021).

Ia mengatakan, salah satu indikator Padang masih menjalani PPKM level 4 adalah BOR atau batas keterisian tempat tidur di rumah sakit yang masih tinggi.

Namun hal itu terang Mahyeldi, terjadi karena rumah sakit di Kota Padang tidak hanya melayani pasien dari Padang saja. Tetapi ada juga pasien dari kabupaten/kota bahkan provinsi tetangga, sehingga tingkat keterisian tempat tidur untuk pasien covid-19 tinggi.

Mahyeldi mengharapkan, dengan adanya pemerataan peralatan sampai rumah sakit di daerah, diharapkan BOR rumah sakit di Padang menurun. Kemudian, level PPKM bisa diturunkan setelah batas waktu 16 Agustus 2021 selesai, sehingga sektor perekonomian kembali bisa bergerak.

"Saat ini satu-satunya daerah yang masih menerapkan PPKM level 4 di Sumbar hanya Kota Padang. Jumlah itu menurun dari awal penerapan kebijakan itu yaitu tiga kota," katanya.

Dia menilai, penurunan daerah yang menerapkan kebijakan PPKM level 4 itu merupakan bukti bahwa penanganan covid-19 di Sumbar terus membaik. Sekarang fokus diarahkan untuk mendukung Kota Padang agar juga bisa lepas dari penerapan kebijakan itu.

Baca juga: Sumbar Dapat Bantuan 50 Unit Konsentrator Oksigen dari Panglima TNI

Ia menyebutkan untuk menekan penyebaran covid-19 Pemprov Sumbar, pemerintah kabupaten dan kota berkoordinasi dengan TNI dan Polri dalam hal pengawasan pelaksanaan protokol kesehatan.

Pangdam I BB Mayor Jenderal TNI Hassanudin menyebut bantuan yang diberikan oleh Panglima TNI adalah bentuk perhatian bagi daerah agar segera bisa menekan angka penyebaran covid-19.

"Kerja ini tidak bisa dilakukan sendiri. Harus bersama-sama. Salah satu bentuk kerjasama adalah saling mendukung dengan memberikan bantuan," kata Hassanudin.

Ia memuji Sumbar yang telah melakukan upaya pengendalian dengan membentuk kongsi covid-19 dan Nagari Tageh. Serta menyediakan tempat isolasi mandiri terpusat untuk membantu pasien tanpa gejala atau gejala ringan.

Ia juga mendukung upaya pemerataan peralatan hingga rumah sakit di daerah dalam upaya penataan data BOR.

"Mudah-mudahan bantuan dari TNI bisa berkontribusi memberikan kemudahan bagi pemerintah daerah untuk penanganan covid-19 di Sumbar," ujarnya.

Baca Juga

Banyak Koperasi Tak Aktif, Gubernur Ingatkan Pentingnya Pembinaan
Banyak Koperasi Tak Aktif, Gubernur Ingatkan Pentingnya Pembinaan
Istri dan anak Gubernur Sumatra Barat, Mahyeldi Ansharullah turut serta menjadi caleg di Pemilu 2024 dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS).
Istri-Anak Gubernur Sumbar Diprediksi Gagal Raih Kursi DPR dan DPRD Sumbar
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar Cek Kesiapan Penyelenggaraan Pemilu di Sejumlah TPS
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah bakal menyalurkan hak pilihnya di Pemilu 2024 pada Rabu (14/2/2024) di TPS 12 yang lokasinya tidak jauh
Pemilu 2024, Gubernur Sumbar Akan Nyoblos di TPS 12 Jati Baru
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Gubernur Sumbar Serahkan 10 Ribu Bibit Ikan Nila Bantu Kemandirian Ponpes Andalusia
Korem 032/Wirabraja mengadakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu di Lapangan RTH Imam Bonjol Padang pada Kamis (1/2/2024).
5 Ribu Personel TNI Disiapkan untuk Amankan Pemilu 2024 di Sumbar