5 Cara Mengatasi Anak Kecanduan Gadget

Aplle Bakal Rilis iPhone 9 dan iPhone 9 Plus dengan Harga Ekonomis, Face ID, dipelajari anak

Smartphone iPhone. (Pixabaya)

Langgam.id - Banyak hal yang bisa dipelajari oleh anak melalui gadget. Mulai dari bagaimana cara menari hingga cara membuat macam-macam prakarya.

Gadget juga bisa menjadi sarana hiburan bagi anak karena terdapat beragam permainan yang bisa dimainkan. Tetapi jika terlalu sering bermain gadget tanpa ada pengawasan orang tua maka anak bisa kecanduan bermain gadget.

Dalam hal tersebut ada beberapa cara untuk mengatasi anak kecanduan gadget. Berikut 5 cara mengatasi anak kecanduan gadget seperti dikutip dari Tempo.co

1. Memberikan jadwal kepada anak
Jadwalkan waktu yang tepat untuk bermain gadget. Di luar itu, orang tua juga harus menyiapkan kegiatan alternatif lainnya agar anak tidak bosan dan beralih ke gadget lagi.

2. Batasi dan awasi penggunaan gadget pada anak
Untuk mengatasi kecanduan gadget pada anak, waktu mengakses gadget harus dibatasi. Kita bisa memberi waktu 1–2 jam dalam sehari untuk anak menggunakan gadget.

Selain itu, awasi juga anak saat bermain gadget, supaya ia tidak mengakses konten pornografi atau kekerasan.

3. Menetapkan wilayah bebas gadget di rumah
Kita bisa menetapkan tempat-tempat bebas gadget di dalam rumah, misalnya, ruang makan, ruang keluarga, atau kamar tidur. Artinya, ketika berada di dalam ruangan ini, siapa pun tidak boleh menggunakan gadget.

4. Membuat aktivitas menyenangkan bersama anak
Buatlah aktivitas menyenangkan agar pikiran anak teralihkan dari gadget. Kita bisa mengajak anak untuk bersepeda atau lari pagi, memasak bersama, menggambar atau mewarnai bersama, atau berkebun di pekarangan rumah.

5. Memberi tahu anak bahaya menggunakan gadget terlalu lama
Kita bisa membahas mengenai risiko terjadinya obesitas atau sakit mata jika anak lebih sering duduk bermain gadget dan jarang bermain ke luar rumah.

Selain itu, jelaskan pada anak dengan bahasa yang mudah bahwa gadget dan internet bisa menjadi tempat yang berbahaya untuknya, apalagi jika anak juga bermain di media sosial.(Tempo/Ela)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Langgam.id - Sebanyak empat warga (anak) di Kabupaten Agam mengalami gagal ginjal akut, satu di antaranya dilaporkan meninggal dunia.
Kemenkes Pastikan Tak Ada Kaitan Gagal Ginjal Akut Pada Anak dengan Covid-19
Langgam.id - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar) mencatat sebanyak 101 anak positif terpapar penyakit campak.
Data Dinkes: 101 Anak di Kota Padang Positif Campak Tahun Ini
Berita Agam - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Kekerasan terhadap anak di Kabupaten Agam sepanjang 2021 mencapai 85 kasus.
Kasus Kekerasan Terhadap Anak di Agam Meningkat 2 Kali Lipat
Realme Kenalkan Smartphone Seri C Pertama dengan Kamera 50 MP
Realme Kenalkan Smartphone Seri C Pertama dengan Kamera 50 MP
Kapolri anggota tidak arogan, polri e-psikologi anak
Gandeng PPPA, Polri Sediakan Layanan e-Psikologi untuk Anak Terdampak Covid-19
vaksinasi padang panjang, target vaksinasi padang, antibodi covid-19, vaksin covid-19 anak
Ini Kondisi Anak Usia 6-11 Tahun yang Tidak Bisa Divaksinasi Covid-19