40 Pelajar Lolos Seleksi Lomba Bercerita se-Sumatra Barat

40 Pelajar Lolos Seleksi Lomba Bercerita se-Sumatra Barat

Proses latihan salah satu peserta dari SMAN 1 Sitiung yang lolos nominasi 40 besar Lomba Menulis dan Membaca Cerita Rakyat tingkat SLTA/sederajat se-Sumatera Barat 2022. [Foto: Ist]

Langgam.id - Mulai besok (15/10), 40 pelajar se-Sumatera Barat akan membacakan hasil karya yang lolos seleksi Lomba Menulis Cerita Rakyat se-Sumatera Barat. Semuanya akan mengikuti tahap dua dari lomba yang menggabungkan unsur menulis dan bercerita ini.

Komunitas Seni Intro, penggagas lomba, memang menjadikan menulis dan lomba sebagai satu kesatuan. “Lomba ini ingin memperlihatkan bahwa menulis dan membacakan sama pentingnya. Terutama untuk kalangan pelajar. Menulis menstrukturkan pikiran. Membaca untuk menyajikan. Dua hal ini pelan-pelan sudah menghilang dalam tradisi pelajar kita,” ujar Iyut Fitra, pendiri komunitas yang bermarkas di Payakumbuh ini.

Program ini kemudian diberi judul “Lomba Menulis dan Membaca Cerita Rakyat Tingkat SLTA/Sederajat Se Sumatra Barat”.

Cerita rakyat dijadikan sandaran dengan alasan, Objek Pemajuan Kebudayaan itulah yang paling dekat dengan pelajar. Baik di kota atau nagari disinyalir cerita rakyat masih menjadi bagian dari kehidupan pelajar.

“Plus, kami ingin membangkitkan literasi budaya di kalangan pelajar. Lomba ini salah satunya,” ujar Roby Satria, ketua panitia.

Kemudian, Intro membawa proposal tersebut pada Supardi, Ketua DPRD Sumbar. Dengan tangan terbuka, Tokoh Payakumbuh bersedia mencarikan jalan keluar dengan mencarikan anggaran pada beberapa pihak. Di antaranya Bank Nagari dan PT Semen Padang.

“Kegiatan ini saya idamkan sejak dulu. Bangkitnya karakter dan identitas pelajar memang harus dimulai dari apa yang mereka punyai,” katanya, “Dengan menulis dan membacakan, pelajar akan menyelami kekayaan yang mereka miliki.”

Intro juga mengajak Dinas Pendidikan Sumatera Barat untuk mensosialisasikan kegiatan. Efeknya, 200 karya masuk ke panitia.  Juri menipiskan menjadi 40 karya.

“Tentu ada yang bagus,” ujar Heru Joni Putra, salah seorang juri, “yang menggembirakan banyak yang mencoba metode baru dalam penulisan cerita rakyat ini.”

Untuk penampilan, panitia membagi menjadi dua hari, masing-masing, 20 peserta . Minggu (16/10), akan langsung diumumkan pemenang.

--

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Pelajar Limapuluh Kota Antusias Ikuti Lomba Apresiasi Museum
Pelajar Limapuluh Kota Antusias Ikuti Lomba Apresiasi Museum
Wako Hendri Septa Klaim IPM Padang Meningkat
Wako Hendri Septa Klaim IPM Padang Meningkat
Pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Amin) unggul di sejumlah TPS di Kota Padang
KPU Agam Gelar Pleno Hari Ini
Ajak Warga Kota, YJI Padang Aktif Gelorakan Senam Jantung Sehat
Ajak Warga Kota, YJI Padang Aktif Gelorakan Senam Jantung Sehat
Langgam.id - Kenaikan harga BBM turut berdamopak terhadap harga pangan di Kabupaten Agam, Sumatra Barat (Sumbar), salah satunya Cabai Merah.
Pemko Padang Luncurkan Program Kampung Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam
Bimtek PPIH: Petugas Diminta Membersamai Jemaah 24 Jam