4 Rumah di Pasaman Barat Rusak Diterjang Angin Kencang

4 Rumah di Pasaman Barat Rusak Diterjang Angin Kencang

Sejumlah rumah warga rusak akibat angin kencang di Pasaman Barat. (Foto: Iyan)

Langgam.id - Empat unit rumah watga di Nagari Persiapan Maligi, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat (Sumbar) rusak berat akibat diterjang angin kencang. Peristiwa ini diketahui terjadi pada Kamis (8/10/2020).

Tidak ada korban jiwa dari peristiwa ini, namun kerugian ditaksir mencapai puluhan juta rupiah.

“Angin kencang terjadi akibat cuaca ekstrem yang terjadi sejak sore kemarin,” kata PJ Wali Nagari Persiapan Maligi, Dendi Hardiman, Jumat (9/10/2020).

Dendi mengungkapkan, empat rumah warga yang rusak akibat ditimpa pohon yang tumbang. Pemilik rumah saat kejadian bisa menyelamatkan diri, sehingga tidak ada korban jiwa.

"Kerusakan rumah cukup parah, beberapa korban mengungsi ke rumah keluarga terdekat," jelasnya.

Kerusakan rumah tersebar dibeberapa lokasi, di antaranya milik korban atas nama Mardan yang beralamat di Jorong Pantai Indah dengan kerugian mencapai lima juta. Kedua werga Padang Jaya bernama Medi dengan kerugian mencapai Rp15 juta.

Selanjutnya rumah milik Rizon di Jorong Padang Jaya, kerugian ditaksir Rp5 juta. Terkahir milik Reza Pembara, warga Jorong Suka Damai, dengan kerugian sekitar Rp1 juta.

"Masyarakat berharap ada bantuan makanan dan dana perbaikan rumah mereka," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Pasaman Barat, Edi Busti membenarkan sejak beberapa minggu terakhir cuaca ekstrem seperti anghin kenvang melanda Kabupaten Pasaman Barat.  Masyarakat diminta untuk waspada, terutama di daerah rawan bencana.

"Kita berharap masyarakat waspada dan kami terus melakukan pengawasan dan bergerak cepat jika ada bencana, dan bekerjasama dengan TNI, Polri, SAR dan Pemerintah setempat," tuturnya. (Ian/Nda)

Baca Juga

Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
IMBI Sumbar Bantu Korban Banjir Bandang di Tanah Datar dan Agam
Sebanyak 13 mahasiswa yang terdampak bencana alam banjir bandang di Agam menerima beasiswa pendidikan dari Yayasan Minang Diaspora.
Minang Diaspora Serahkan Beasiswa Bagi 13 Mahasiswa Terdampak Bencana di Agam
Sebanyak 25 unit hunian sementara untuk pengungsi banjir bandang di beberapa kecamatan di Tanah Datar akan dibangun oleh FRPB
25 Unit Hunian Sementara Dibangun untuk Warga Terdampak Banjir Bandang di Tanah Datar
Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy mengunjungi dua Sekolah Dasar di Kabupaten Agam pada Jumat (24/5/2024). Sekolah tersebut yaitu SD 05
Wagub Sumbar Kunjungi Anak-anak Korban Bencana di Agam