4 Kepala Daerah di Indonesia Dianugerahi Satyalancana Wira Karya, 1 di Antaranya Wali Kota Pariaman

Langgam.id - Empat kepala daerah di Indonesia dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya, satu di antaranya Wali Kota Pariaman.

Penyematan tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya kepada Wali Kota Pariaman, Genius Umar. [Foto: Dok. Diskominfo Kota Pariaman]

Langgam.id - Sebanyak empat kepala daerah di Indonesia dianugerahi tanda kehormatan Satyalancana Wira Karya, satu di antaranya Wali Kota Pariaman, Genius Umar.

Penganugerahan tanda kehormatan dilaksnakan di Wakatobi, Sulawesi Selatan, Selasa (13/12/2022)

Empat kepala daerah se-Indonesia yang mendapat penghargaan tersebut, yaitu Wali Kota Pariaman Genius Umar, Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin dan Bupati Kulon Progo Sutedjo. Mereka dianugerahi tanda kehormatan bidang pemerintahan dalam pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan.

Sementara, Genius Umar mendapatkan penghargaan bidang pengelolaan, pengembangan dan pembangunan kelautan.

Tanda penghargaan dari Presiden itu disematkan oleh Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Bahlil Lahadalia kepada Genius Umar di peringatan puncak Hari Nusantara Tahun 2022.

Bahlil mengatakan, bahwa Indonesia adalah negara maritim, dan Hari Nusantara merupakan hari penting yang ditandatangani pada Deklarasi Djuanda pada 13 Desember.

"Deklarasi ini menjadikan laut Indonesia lebih luas dari tiga mil menjadi 12 mil laut, sehingga potensi kelautan kita semakin luas," ujar Bahlil dikutip dari situs resmi milik Pemko Pariaman, Selasa (13/12/2022).

Sementara itu, Wali Kota Pariaman, Genius Umar mengatakan, Kota Pariaman melalui program Satu Keluarga Satu Sarjana (Sagasaja) bidang kelautan dan perikanan serta berhasil mengoptimalkan kawasan pesisir perkotaan melalui program pengembangan kawasan ekowisata bahari berkelanjutan dan waterfront city.

Dengan demikian, kata Genius, dapat meningkatkan ekonomi masyarakat dan kesadaran masyarakat pada lingkungan, sesuai dengan Petikan Keputusan Presiden Republik Indonesia, Nomor 123/TK/Tahun 2021, tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya.

"Kedua program unggulan ini, telah mengantarkan Kota Pariaman menerima penghargaan tersebut, tentunya itu berkat kerja keras dan kerjasama pemerintah dan masyarakat Kota Pariaman, Presiden RI melalui pemerintah pusat, telah mengakui Sagasaja dan Waterfront City, mampu menghasilkan SDM dibidang perikanan dan kelautan, pelestarian lingkunngan serta meningkatkan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” ujar Genius.

Baca juga: Bupati Dharmasraya Sutan Riska Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya dari Presiden Jokowi

Lebih lanjut dikatakan Genius, sesuai dengan tema peringatan Hari Nusantara ini, Kota Pariaman telah menyiapkan ekonomi biru yang berkelanjutan di Kota Pariaman.

"Kita telah memanfaatkan potensi maritim dan lingkungan di Kota Pariaman tanpa merusak lingkungan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” katanya.

Ikuti berita Sumatra Barat hari ini, terbaru dan terkini dari Langgam.id.  Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Wako: Serapan APBD 2022 Kota Pariaman Tertinggi di Sumbar, Ketiga di Indonesia
Wako: Serapan APBD 2022 Kota Pariaman Tertinggi di Sumbar, Ketiga di Indonesia
Wako Genius Umar Kukuhkan Bunda Literasi Kota Pariaman
Wako Genius Umar Kukuhkan Bunda Literasi Kota Pariaman
kota-pariaman-raih-penghargaan-gerakan-smart-city-2022
Kota Pariaman Raih Penghargaan Gerakan Smart City 2022
Bupati Sutan Riska Sebut Genius Umar Wali Kota Gercep
Bupati Sutan Riska Sebut Genius Umar Wali Kota Gercep
50 KK Warga Pariaman Terima Bantuan Indukan Ayam Kube
50 KK Warga Pariaman Terima Bantuan Indukan Ayam Kube
Rumah Restorative Justice di Pariaman, Wako Minta Tokoh Adat dan Agama Ikut Sosialisasikan
Rumah Restorative Justice di Pariaman, Wako Minta Tokoh Adat dan Agama Ikut Sosialisasikan