4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang

4 Hari Periode Nataru, KAI Sumbar Layani 23.208 Penumpang

Petugas melayani penumpang di Stasiun Simpang Haru, PT KAI Divre II Sumbar. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat mencatat hingga hari keempat masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, tanggal 19 sampai dengan 22 Desember 2024, terdapat 23.208 penumpang.

Atau rata-rata 5.800 penumpang per hari, meningkat 16 persen dibanding rata-rata harian penumpang pada bulan November 2024 sebanyak 4.995 penumpang per hari.

”Rincian jumlah penumpang selama 4 hari awal masa Nataru ini yaitu KA Pariaman Ekspres relasi Pauhlima/Padang – Stasiun Naras pp sebanyak 17.514 penumpang, KA Minangkabau Ekspres relasi Stasiun Bandara Internasional Minangkabau (BIM) – Stasiun Pulau Air pp sebanyak 4.166 penumpang, dan KA Lembah Anai relasi Stasiun BIM/Duku - Stasiun Kayu Tanam pp sebanyak 1.528 penumpang,” kata Vice President KAI Divre II Sumatera Barat, M. Tri Setyawan, Senin (23/12/2024).

Stasiun Padang masih menjadi favorit untuk stasiun keberangkatan ataupun stasiun tujuan dengan jumlah penumpang sebanyak 12.804 penumpang. Disusul oleh Stasiun Pariaman sebanyak 9.873 penumpang, Stasiun Air Tawar sebanyak 4.103 penumpang, Stasiun BIM sebanyak 3.123 penumpang, dan Stasiun Duku sebanyak 2.763 penumpang.

Dari sisi ketepatan waktu, untuk keberangkatan kereta api penumpang pada periode 19 sampai dengan 22 Desember 2024, mencapai 100 persen, atau tepat sesuai jadwal yang ditetapkan. Adapun untuk ketepatan waktu kedatangan mencapai 98 persen.

KAI menetapkan masa libur Nataru tahun ini yaitu selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

Adapun puncak arus penumpang pada Nataru ini di KAI Divre II Sumbar diprediksi akan terjadi pada Rabu (25/12) dan Minggu (29/12).

”Masyarakat dapat menikmati libur Nataru menggunakan angkutan kereta api untuk berwisata, urusan bisnis, ataupun keperluan lainnya. KAI berkomitmen untuk mengantarkan pelanggan dengan selamat, aman, nyaman, dan tepat waktu,” kata M. Tri Setyawan.

M. Tri Setyawan melanjutkan, pihaknya menyarankan kepada calon pelanggan untuk merencanakan perjalanan dan melakukan pemesanan melalui aplikasi Access by KAI, mengingat tiket yang terbatas. Pembelian tiket melalui aplikasi Access by KAI dapat dilakukan sejak H-7 keberangkatan.

”Sehingga calon pelanggan yang memiliki rencana menggunakan KA dapat jauh-jauh hari membeli tiket tanpa takut kehabisan tiket. KAI juga masih menyediakan loket untuk penjualan tiket yang dibuka 3 jam sebelum keberangkatan KA, selama tiket masih tersedia,” kata M. Tri Setyawan.

KAI mengimbau kepada pelanggan untuk menjaga ketertiban dan kenyamanan bersama saat menggunakan transportasi kereta api. Perhatikan juga barang bawaannya, jangan sampai membawa barang-barang yang dilarang dibawa di atas KA seperti barang berbau menyengat atau barang yang berbahaya. (*/Fs)

Baca Juga

Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
Inovasi Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Hadirkan Live Musik dan Bagikan Suvenir ke Pelanggan
KAI Divre Sumbar Gelar Apel Pasukan Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Selama Nataru
KAI Divre Sumbar Gelar Apel Pasukan Pastikan Layanan Aman dan Nyaman Selama Nataru
Tingkatkan Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Operasikan Stasiun Kampung Jua
Tingkatkan Layanan Nataru, KAI Divre Sumbar Operasikan Stasiun Kampung Jua
Hari Pertama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 5.257 Penumpang
Hari Pertama Nataru, KAI Divre Sumbar Layani 5.257 Penumpang
Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen
Libur Nataru, KAI Divre Sumbar Prediksi Volume Penumpang Naik 3 Persen
KAI Sumbar Sosialisasi ke Warga Antisipasi Tawuran di Kawasan Aset Perusahaan
KAI Sumbar Sosialisasi ke Warga Antisipasi Tawuran di Kawasan Aset Perusahaan