32 Petugas dan Warga Binaan Lapas Pasaman Barat Ikuti Tes Swab

Lapas Pasaman Barat

Tes swab di Lapas Pasaman Barat. (Foto: Iyan)

Langgam.id - Sebanyak 32 petugas dan warga binaan di Lapas Terbuka Kelas II B Kabupaten Pasaman Barat mengikuti tes Swab, Sabtu (6/6/2020) pagi. Swab terhadap 32 orang tersebut, merupakan hasil tracing level dua yang dilakukan oleh Satgas Covid 19 Kabupaten Pasaman Barat, setelah salah satu petugas lapas kontak dengan pasien positif asal Kota Padang.

Kepala Lapas Terbuka Kelas II B Pasaman Barat Azhar mengatakan, kondisi kesehatan seluruh pegawai lapas terbuka dan warga binaan sangat sehat. Namun, karena ada salah satu petugas lapas yang kontak erat dengan pasien positif covid-19 asal Kota Padang dan ia bekerja di lapas, maka dilakukan tes swab terhadap 28 petugas dan 4 warga binaan.

"Kita sangat berterima kasih kepada Satgas Covid 19 Kabupaten Pasaman dan Bupati atas reaksi cepat dan upaya pencegahan ini," ujarnya.

Azhar menambahkan, sebelumnya ada dua orang petugas lapas yang sudah diambil swab. Ia juga sudah isolasi mandiri, sebab salah satu diantara petugas lapas itu kontak dengan pasien positif asal Kota Padang. Namun, hingga saat ini, seluruh staf dan warga binaan sangat sehat.

"Sebagian besar petugas lapas kita tinggal di lingkungan Lapas. Sehingga bisa dipastikan tidak kontak dengan warga lain. Sementara sisanya sudah diinteruksikan menjaga jarak dengan orang lain. Tetap di rumah hingga hasil swab keluar," ujarnya.

Sementara itu, Jubir Tim Teknis Dinkes Kabupaten Pasaman Barat dr Gina Alecia mengatakan, berdasarkan pemeriksaan dan pantauan petugas, semua petugas lapas dan warga binaan sangat sehat. Sebagai langkah pencegahan dan hasil tracing level dua, maka tetap dilakukan swab. Setelah pengambilan swab, akan langsung diantarkan ke Labor Unand Padang dan hasilnya akan keluar beberapa hari kedepan.

"Kita minta seluruh petugas dan warga binaan hasil tracing level dua tetap berada di rumah hingga hasil labor keluar," sebutnya.

Baca juga : Mayoritas Masjid di Pasaman Barat Mulai Gelar Salat Jumat, Polisi Pantau Jemaah

Sebagai langkah pencegahan, petugas lapas dan warga binaan diminta menjaga daya tahan tubuh dan menerapkan pola hidup sehat. Meski berstatus OTG, secara fisik dan kesehatan semuanya masih stabil.

"Kita minta semuanya yang sudah di swab bisa kooperatif dan menjaga diri agar tetap sehat," ujarnya. (Iyan/SS).

Baca Juga

Pemkab Pasbar Kenalkan Kios Partisipasi Upaya Kendalikan Inflasi
Pemkab Pasbar Kenalkan Kios Partisipasi Upaya Kendalikan Inflasi
Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
Nagari Mahakarya Pasbar Gelar Festival Balon Udara
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Sering Dilanda Banjir, Pemkab Pasbar Pindahkan Lokasi SDN 08 Sasak Ranah Pasisie
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Audit Kasus Stunting, Wabup Pasbar Ingatkan Peran Camat dan Wali Nagari
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat
202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat