28 SMKN Jadi BLUD, Gubernur Sumbar: OPD Lain Harus Turut Andil

28 SMKN Jadi BLUD, Gubernur Sumbar: OPD Lain Harus Turut Andil

Karya siswa SMK Negeri 8 Padang. (Dok. SMKN 8 Padang)

Langgam.id - Sebanyak 28 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri di Sumatera Barat (Sumbar) resmi menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dituntut memberikan kontribusi selain dinas pendidikan.

"Dengan adanya BLUD di 28 SMK ini, OPD lain harus turut andil. Jangan hanya Dinas Pendidikan saja," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi saat launching di aula kantor gubernur, Rabu (28/9/2022).

Dicontohkan, setelah SMKN 8 Padang berhasil memproduksi batik, tanggung jawab promosi ada pada dinas pariwisata. Kemudian, pegawai di OPD wajib memakai dan membeli produk batik hasil karya siswa siswi SMK.

Menurutnya, upaya memberi pendidikan terbaik, anak bangsa harus dibimbing hingga berdaya saing. Salah satunya, dengan mendorong SMK se Sumbar lebih maju dan berdaya.

Setelah menjadi BLUD, SMK diharapkan mampu meningkatkan mutu layanan pendidikan siswa untuk memasuki dunia kerja. Gubernur sekaligus menyerahkan surat keputusan (SK) pada 5 kepala sekolah perwakilan.

Gubernur berharap dengan menerapkan sistem BLUD itu SMK bisa lebih fleksibel dalam pengelolaan keuangannya. Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Nomor 79 Tahun 2018 tentang Badan Layanan Umum Daerah.

Pengembangan Teaching Factory (TEFA) selama ini mengalami kendala di SMK dalam pengelolaan keuangan. Pembentukan BLUD diharapkan dapat mengatasi kendala tersebut sebagai payung hukum.

Kepala Dinas Pendidikan Barlius mengatakan, tujuan launching BLUD untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan siswa dalam menciptakan berbagai macam karya bernilai jual dan mampu bersaing di pasar kerja. Kemudian mengembangkan bakat potensi dan kreatifitas siswa, serta penguatan kelembagaan SMK.

Baca Juga: Biayai Kuliah Sendiri, ANS Japan Academy Bidik Lulusan SMK di Sumbar

"BLUD juga membuat pelayanan di SMK negeri menjadi efektif dan efisien. Pihak sekolah bebas berinovasi dan penerapan BLUD di SMK didukung dengan adanya penerapan teaching factory," kata Barlius.

Dapatkan update berita terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Nasdem
DPR RI Dapil Sumbar I: Sengit Perebutan Kursi Kedua Nasdem
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Survei SBLF: Nofi Candra Berpeluang Besar Melenggang ke DPR RI di Pemilu 2024
Prof Amir Syarifuddin
Mengenang Prof Amir Syarifuddin: Berawal dari Guru Agama dan Berakhir Juga sebagai Guru Agama
Anggota DPR RI Guspardi Gaus
Pemerintah Buka 2,3 Juta Lowongan CPNS 2024, Guspardi Gaus: Kesempatan Besar Bagi Fresh Graduate dan Honorer
Kunjungan wisman ke Sumatra Barat (Sumbar) melalui Bandara Internasional Minangkabau pada April 2023 mencapai 4.100 kunjungan.
Bandara Minangkabau Kembali Beroperasi Setelah Sempat Ditutup Akibat Erupsi Gunung Marapi
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Penutupan Bandara Minangkabau Diperpanjang Akibat Erupsi Gunung Marapi