2021 Gempa Merusak Terbanyak 20 Tahun Terakhir, Dua di Sumbar

Dinilai Masih Kurang, Pemerintah Diminta Lengkapi Infrastruktur Mitigasi Bencana

Ilustrasi gempa.

Langgam.id - Gempa bumi merusak di Indonesia paling banyak terjadi di 2021 rentang waktu 20 tahun terakhir. Gempa di Mentawai Provinsi Sumatera Barat masuk dalam catatan Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Menurut Badan Geologi, selama tahun 2021 telah terjadi 26 gempa bumi merusak di Indonesia. Gempa bumi merusak yang dimaksud, yakni kejadian gempa mengakibatkan terjadinya korban jiwa, kerusakan bangunan, kerusakan lingkungan dan kerugian harta benda.

"Kejadian gempa bumi merusak tertinggi dalam kurun 20 tahun terakhir," kata Koordinator Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Geologi Kementerian ESDM Supartoyo, Senin (3/1/2021).

Di Sumatera Barat, katanya, terjadi satu kali gempa merusak pada 5 Maret 2021 berpusat di Siberut Kabupaten Kepulauan Mentawai. Gempa mengakibatkan kerusakan ringan pada Puskesmas Peipei di Desa Pasakiat Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya.

Selain gempa Siberut, di Mentawai juga terjadi gempa dua bulan kemudian, tepatnya 5 Mei 2021. Gempa mengakibatkan rusaknya dinding RSUD Kabupaten Mentawai di Tua Pejat.

Catatan Badan Geologi Kementerian ESDM, kejadian gempa bumi merusak tahun 2021 diawali dengan gempa bumi di Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah Januari 2021. Gempa terakhir terjadi di Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku pada 30 Desember 2021.

"Gempa bumi merusak tahun 2021 itu mengakibatkan jumlah korban jiwa 119 orang meninggal. Kemudian 6.803 orang luka-luka," tulis Badan Geologi dalam situs resmi Kementerian ESDM.

Menurutnya, gempa bumi dengan dampak besar terjadi di Mamuju dengan magnitudo (M 6,2) pada kedalaman 10 km. Kejadian itu mengakibatkan 105 meninggal, 6.489 orang luka-luka.

Tidak cukup sampai di sana, kantor Gubernur Sulawesi Barat juga mengalami rusak berat. Selain itu terjadi gerakan tanah cukup masif yang menutup jalur trans Sulawesi di daerah Tappalang, retakan tanah dan likuefaksi.

Satu kejadian juga memicu terjadinya tsunami. Yakni, gempa bumi Teluk Taluti, Kabupaten Maluku Tengah. Tsunami terpantau di Pelabuhan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah, tinggi rendaman sekitar 1 meter. (*)

 


Dapatkan update berita terbaru setiap hari dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Berita Pessel - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Selain KEK Mandeh, juga akan ditawarkan potensi energi baru dan terbarukan.
Sumbar Bakal Perkuat Kerjasama dengan Kerajaan Saudi di 4 Bidang
BMKG Padang Panjang mencatat, selama Januari 2024 terdapat 87 kali kejadian gempa bumi yang tersebar di wilayah Sumatra Barat (Sumbar)
87 Kali Gempa Bumi Guncang Sumbar Sepanjang Januari 2024
Sebanyak 765 kali kejadian gempa bumi terjadi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya selama tahun 2023. Dikutip dari akun Instagram
765 Gempa Guncang Sumbar di 2023, 32 Kali Dirasakan Warga
Sepanjang Oktober 2023 terdapat 52 kali kejadian gempa bumi di wilayah Sumatra Barat (Sumbar) dan sekitarnya. Frekuensi gempa bumi terbesar terjadi pada 13 Oktober
Sepanjang Oktober 2023, Sumbar Diguncang 52 Kali Gempa
Sebanyak 65 kali kejadian gempa bumi terjadi di Sumatra Barat (Sumbar) sepanjang Agustus 2023. Terdapat dua gempa
Sepanjang Agustus 2023, Sumbar Diguncang 65 Kali Gempa Bumi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandara Baru Rokot Mentawai baru saja diselesaikan dan sedang menunggu proses penerbitan
Selesai Dibangun, Bandara Baru di Mentawai Siap Dioperasikan Tahun Ini