202 Siswa Ikuti Seleksi Calon Paskibraka Tingkat Pasaman Barat

Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat

Kegiatan seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat. [foto: Pemkab Pasaman Barat]

Langgam.id - Sebanyak 202 siswa mengikuti seleksi calon Paskibraka tingkat Pasaman Barat tahun 2024 di Balerong Pusako Anak Nagari Simpang Empat, Jumat (19/4/2024).

Seleksi ini dibuka secara resmi oleh Bupati Pasaman Barat (Pasbar) Hamsuardi bersama Kajari Pasbar, M Yusuf Putra, Plt. Kaban Kesbangpol Yosmar Difia, dan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat.

Pada kesempatan itu, Hamsuardi mengimbau semua peserta seleksi calon Paskibraka 2024 itu untuk semangat dan optimis dalam menjalankan seleksi.

"Dalam seleksi tentu ada yang lulus ada yang tidak. Bagi yang tidak lulus harus tetap semangat dan terus belajar. Sebaliknya, bagi yang lulus tidak boleh bangga hati serta menyombongkan diri. Kalian akan menjadi orang-orang hebat, kalianlah yang meneruskan estafet kepemimpinan di Pasbar nantinya," ujar Hamsuardi dalam keterangan tertulisnya.

Hamsuardi juga menghimbau para peserta untuk menjaga fisik, menjaga mental dan selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Setelah lulus Paskibraka ini, kalian akan tergabung pada suatu organisasi yang sama-sama bertujuan untuk membangun Pasbar," bebernya.

Hamsuardi juga mengharapkan kepada peserta Paskibraka itu untuk mengetahui program unggulan Pasbar. Di antaranya pendidikan gratis tanpa pungutan, berobat gratis serta magrib mengaji dan tahfidz Alquran.

Plt Kaban Kesbangpol Yosmar Difia mengatakan, bahwa seleksi calon Paskibraka tingkat Kabupaten Pasaman Barat Tahun 2024 diikuti oleh 53 sekolah tingkat SLTA/MAN sederajat.

Peserta seleksi Paskibraka, terangnya, mengikuti beberapa tahapan seleksi yang dimulai secara online, kemudian yang lolos tahap administrasi mengikuti seleksi pada hari itu. Peserta terpilih akan dikirim ke Provinsi Sumbar sebanyak 4 siswa dan 45 siswa untuk Pasbar.

"Kita telah menyurati sekolah SLTA/MAN sederajat. Seleksi diikuti oleh 53 sekolah dan dilakukan secara online pada tahap pertama. Pada tahap pertama itu, setiap peserta memiliki akun individu yang akan disaring berdasarkan administrasi," tuturnya.

"Peserta yang lulus seleksi administrasi berjumlah 202 siswa itulah yang hadir pada hari ini. Peserta terbaik dan terpilih nantinya akan diambil dan akan kita kirim ke tingkat provinsi sebanyak 4 siswa 2 PA dan 2 PI. Sementara untuk Pasbar sebanyak 45 siswa," sambung Yosmar. (*/yki)

Baca Juga

Empat pelajar Padang Panjang bakal mengikuti seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat Provinsi Sumatra Barat (Sumbar).
Empat Pelajar Padang Panjang Bakal Ikuti Seleksi Paskibraka Tingkat Sumbar
Sebanyak 65 pelajar terpilih menjadi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Padang Panjang 2024. Sebelumnya ada 207
65 Pelajar Terpilih Jadi Anggota Paskibraka Padang Panjang 2024
Sebanyak 207 siswa tingkat SMA se-Kota Padang Panjang mengikuti tes secara online dan offline seleksi Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) 2024.
207 Siswa SMA di Padang Panjang Ikuti Seleksi Paskibraka 2024
Tim Balai KSDA Sumbar mendatangi Bendungan PLTMH Tango di Pasaman Barat. Kedatangan ini karena adanya informasi dari masyarakat Kajai Selatan
Seekor Tapir Terjebak di Bendungan di Pasbar, BKSDA Sumbar Lakukan Verifikasi di Lokasi
Sebanyak 8.646 pengunjung menikmati keindahan Muaro Sasak dan Pohon Seribu di Kecamatan Sasak Ranah Pasisie, Kabupaten Pasaman Barat,
Pemkab Pasbar Targetkan Kunjungan Wisatawan ke Pantai Sasak 60 Ribu Orang Tahun Ini
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat
Masyarakat Petani Pejuang Nagari Kapa Unjuk Rasa, Tuntut Janji Bupati Pasaman Barat