20.600 Pemilih Tentukan Nasib 18 Desa di Pilkades Serentak Pariaman

20-600-pemilih-tentukan-nasib-18-desa-di-pilkades-serentak-pariaman

Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin monitoring Pilkades di Kecamatan Pariaman Selatan. [Dewi Lestari/MC Kota Pariaman]

Berita Pariaman - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: 20.600 Pemilih Tentukan Nasib 18 Desa di Pilkades Serentak Pariaman.

Langgam.id - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2022 di Kota Pariaman digelar, Sabtu (12/2/2022). Sebanyak 20.600 pemilih menentukan nasib 18 desa di tiga kecamatan selama enam tahun ke depan.

Pilkades serentak di Kota Pariaman diselenggarakan di 58 tempat pemungutan suara (TPS). Pelaksanaannya dipantau langsung Dirjen Bina Pemerintahan Desa dari Kementerian Dalam Negeri.

Informasi yang dihimpun Langgam.id, tiga kecamatan yang menggelar Pilkades serentak, yakni Kecamatan Pariaman Utara, Kecamatan Pariaman Timur dan Kecamatan Pariaman Selatan.

Masyarakat Kota Pariaman yang menggunakan hak pilih sudah berdatangan ke TPS mulai pukul 07.00 WIB. Mereka menggunakan hak pilih dengan sebaik-baiknyanya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Agar Pilkades berjalan aman dan kondusif, Pemko Pariaman menjalin kerja sama dengan pihak Polres Pariaman dan Kodim 0308 Pariaman. Aparat bertindak sebagai pengaman yang ditempatkan di setiap TPS.

"Pemko Pariaman akan terus melakukan pantauan sampai tahap penghitungan suara berakhir. Jangan sampai timbul perpecahan setelah Pilkades selesai," kata Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin saat monitoring di Kecamatan Pariaman Selatan.

Selama monitoring, lanjutnya, Pilkades terpantau berjalan dengan baik. Dirilis di pariamankota.go.id, Pilkades di Kota Pariaman diikuti oleh 20.600 DPT yang tersebar di 58 titik TPS.

Dirinya berharap situasi kondusif dapat bertahan hingga seluruh tahapan selesai. Sehingga, momentum Pilkades dapat dijadikan pelajaran demokrasi yang menghargai perbedaan pilihan namun tetap bersatu dalam menciptakan ketertiban dan keamanan.

"Ayo kita dukung proses demokrasi dalam Pilkades di Kota Pariaman yang aman dan damai," katanya. Diharapkan Pilkades dapat melahirkan pimpinan amanah untuk memajukan desa.

Dirinya juga berharap tidak ada lagi hal-hal yang mungkin terjadi dan akan membuat perpecahan sesama calon. Siapapun yang terpilih, itulah yang terbaik karena Pilkades serentak telah jauh hari diterapkan dengan prinsip Pilkades Badunsanak.

Baca juga: Diikuti 68 Calon Kades, Ini 18 Desa di Pariaman yang Gelar Pilkades

Wakil Wali Kota mengajak semua kalangan bergotong royong membangun desa secara khusus dan Kota Pariaman pada umumnya.

Dapatkan update berita Pariaman – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Polres Payakumbuh Amankan 56 Sepeda Motor Peserta Balap Liar
Polres Payakumbuh Amankan 56 Sepeda Motor Peserta Balap Liar
Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata
Pemko Kembangkan Hutan Kota Sikapak di Pariaman Jadi Destinasi Wisata
Kala Musik Minang Memikat Warganet Indonesia
Kala Musik Minang Memikat Warganet Indonesia
Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Hijrah dan Arus Balik Selebritas
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan