150 Bus Pulang Basamo Dilepas, Angkut 8 Ribu Perantau Minang di Jakarta Pulkam ke Sumbar

Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden

Para perantau Minang yang ikut yang mudik ke Sumbar dalam kegiatan Pulang Basamo gratis yang diinisiatori oleh Andre Rosiade. [foto: Ist]

InfoLanggam - Sebanyak 150 bus Pulang Basamo untuk gelombang kedua resmi dilepas, Kamis (4/4/2024). Ratusan bus mudik bareng yang digagas Presiden terpilih Prabowo Subianto itu mengangkut 8.000 warga Minang yang merantau di Jakarta kembali ke kampung halamannya di Sumbar.

Anggota DPR RI asal Sumbar yang menjadi motor penyelenggaraan, Andre Rosiade mengatakan, dengan dilepasnya perantau Minang ini, artinya sudah 200 bus yang berangkat. Sebelumnya, 27 Maret 2024 juga sudah dilepas 50 bus dan sudah selamat sampai di kampung halaman.

“Alhamdulillah, hari ini kita lepas lagi 150 bus berisi para perantau Minangkabau ke Sumbar. Meski kami sedang umrah, acara tetap berjalan baik dan sukses. Kami doakan semua yang berangkat diberikan kesehatan dan keselamatan sampai di kampung halaman masing-masing,” ujar Andre Rosiade yang juga Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar saat dihubungi melalui ponselnya.

Andre Rosiade memastikan, pulangnya sekitar 10 ribu perantau dalam pulang basamo gratis ini adalah bukti kecintaan Prabowo Subianto kepada masyarakat Sumbar di manapun berada.

“Kami sampaikan, ini adalah bukti cintanya pak Prabowo kepada masyarakat Sumbar. Sebanyak 10 ribu perantau Minang beliau bantu pulangkan secara cuma-cuma,” ucap Andre.

Ketua Panitia Pulang Basamo 2024, Braditi Moulevey, dalam acara pelepasan bus di Lapang Jantung Sehat, Kompleks Parlemen, Jakarta mengucapkan terima kasih kepada Prabowo Subianto yang banyak memberikan bantuan kepada warga Minang, khususnya yang merantau di Jakarta.

Berkat kepedulian Prabowo, kata dia, warga Minang yang merantau di Jakarta bisa berkumpul bersama keluarga merayakan Lebaran 2024.

"Dan acara ini kita ucapkan sebesar-besarnya kepada Pak Prabowo Subianto yang telah memberikan bantuan kepada warga Minang, khususnya di Jakarta, Jabodetabek hingga bisa merasakan lebaran di kampung halaman," kata dia.

Levi juga menyampaikan terima kasihnya kepada anggota DPR RI Andre Rosiade sebagai inisiator Pulang Basamo. Bagi Braditi, Andre sosok yang memiliki kepedulian terhadap warga Minang. Tak hanya di dapilnya tapi juga warga Minang yang berada di Jakarta.

“Dan Pak Andre kita ucapkan yang sebesar-besarnya, beliau begitu besar perhatiannya kepada warga Minang, bukan hanya di dapilnya di Sumatra Barat, tapi juga yang ada di perantauan," kata dia.

Hal senada disampaikan Ketua Umum Dunsanak Prabowo, M Reza Ikhwan. Dia menyebut acara Pulang Basamo bisa terlaksana dengan baik berkat kepedulian Prabowo terhadap warga Minang.

“Saya ingin menyampaikan betapa cintanya Pak Prabowo terhadap masyarakat Sumbar," kata dia.

Reza menjelaskan kegiatan Pulang Basamo ini sudah digagas sejak 2023. Total warga Minang yang merasakan mudik gratis melalui Pulang Basamo mencapai 15.000 orang.

“Ini total dari tahun 2023 sampai tahun ini ada sekitar 15.000 penumpang yang sudah diberangkatkan oleh Bang Andre Rosiade," katanya.

Sebelumnya, 50 bus Pulang Basamo 2024 sudah lebih dulu diberangkatkan pada gelombang pertama, Rabu, 27 Maret 2024. Puluhan bus itu membawa 2.500 pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya di Sumbar.

Pulang Basamo pertama kali digelar pada 2023. Tak menutup kemungkinan, mudik gratis yang digagas Prabowo itu akan kembali digelar pada Lebaran 2025. (*)

Baca Juga

Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban terdampak banjir di Kabupaten Pesisir Selatan
Korban Terdampak Banjir di Lengayang Pessel Terima Bantuan Sembako dari Andre Rosiade
Anggota Dewan Pembina Partai Gerindra H Andre Rosiade sangat bersyukur dengan telah ditetapkannya Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka
Andre Rosiade Puji Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania Salurkan Bantuan Kemanusiaan Indonesia ke Gaza via Udara
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Andre Rosiade Doakan Sumbar dan Indonesia Lebih Baik dari Mekkah
Anggota DPR RI asal Sumbar, Andre Rosiade kembali menyalurkan ribuan paket sembako untuk korban terdampak banjir di Pesisir Selatan (Pessel).
Jelang Lebaran, Andre Rosiade Kembali Salurkan Ribuan Paket Sembako Bagi Korban Banjir Pessel
Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade mengatakan, Presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto sangat peduli terhadap warga Sumbar.
Andre Rosiade Ingatkan Warga Sumbar untuk Tidak Mudah Terprovokasi Politik Identitas
Perantau Minang Pulang Basamo Sudah Sentuh Tanah Minang
Perantau Minang Pulang Basamo Sudah Sentuh Tanah Minang