148 Kecamatan di Sumbar Berpotensi Gerakan Tanah pada April 2019

148 Kecamatan di Sumbar Berpotensi Gerakan Tanah pada April 2019

Potensi gerakan tanah di Sumbar pada April 2019. (Sumber: PVMBG - vsi.esdm.go.id)

Langgam.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan peringatan dini dan potensi gerakan tanah untuk April 2019.

Lembaga di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut merilis peringatan dini dan potensi gerakan untuk berbagai wilayah di Indonesia pada 26 Maret 2019 lalu melalui situs resminya.

Untuk wilayah Sumatra Barat, dari data tersebut, 148 kecamatan di 16 kabupaten dan kota berpotensi gerakan tanah menengah dan menengah hingga tinggi. Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, hanya tiga kota yang tak berpotensi, yakni Pariaman, Padang Panjang dan Payakumbuh.

Untuk wilayah Agam 14 kecamatan berpotensi menengah dan menengah-tinggi, Dharmasraya 4 kecamatan, Mentawai 10, Bukittinggi 3, Padang 7, Sawahlunto 4, Kota Solok 1, Limapuluh Kota 12, Padang Pariaman 13, Pasaman 12, Pasaman Barat 10, Pesisisr Selatan 15, Sijunjung 8, Solok 14, Solsel 7, dan Tanah Datar 14 kecamatan. Selengkapnya bisa diakses di link ini.

Menurut PVMBG, daerah dengan potensi menengah, gerakan tanah dapat terjadi jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara, daerah dengan potensi gerakan tanah tinggi, jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali. (*/SS)

Baca Juga

Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo mengatakan bahwa ada lima titik banjir yang cukup tinggi di kabupaten tersebut.
Limapuluh Kota Dilanda Banjir dan Longsor, Bupati Harapkan Bantuan Pusat dan Pemprov
Disabilitas, Mereka yang Kerap Terabaikan dalam Urusan Bencana
Disabilitas, Mereka yang Kerap Terabaikan dalam Urusan Bencana
Musim Hujan: Bencana atau Anugerah?
Musim Hujan: Bencana atau Anugerah?
Bencana longsor terjadi di Dusun Sinabak, Desa Maileppet, Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai pada Sabtu (12/8/2023).
Longsor Landa Siberut Selatan Mentawai, Akses Jalan Desa Terputus
Sebuah panti asuhan dihantam longsor pasca hujan lebat melanda Kota Padang, Jumat (14/7/2023). Longsor itu menyebabkan bangunan yang dipakai
Dihantam Longsor, Panti Asuhan di Batang Arau Ini Butuh Pakaian dan Kasur Untuk Anak
Mitigasi Bencana Kekeringan dalam Mendukung Ketahanan Pangan Daerah
Mitigasi Bencana Kekeringan dalam Mendukung Ketahanan Pangan Daerah