148 Kecamatan di Sumbar Berpotensi Gerakan Tanah pada April 2019

148 Kecamatan di Sumbar Berpotensi Gerakan Tanah pada April 2019

Potensi gerakan tanah di Sumbar pada April 2019. (Sumber: PVMBG - vsi.esdm.go.id)

Langgam.id - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menyampaikan peringatan dini dan potensi gerakan tanah untuk April 2019.

Lembaga di bawah Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut merilis peringatan dini dan potensi gerakan untuk berbagai wilayah di Indonesia pada 26 Maret 2019 lalu melalui situs resminya.

Untuk wilayah Sumatra Barat, dari data tersebut, 148 kecamatan di 16 kabupaten dan kota berpotensi gerakan tanah menengah dan menengah hingga tinggi. Dari 19 kabupaten dan kota di Sumbar, hanya tiga kota yang tak berpotensi, yakni Pariaman, Padang Panjang dan Payakumbuh.

Untuk wilayah Agam 14 kecamatan berpotensi menengah dan menengah-tinggi, Dharmasraya 4 kecamatan, Mentawai 10, Bukittinggi 3, Padang 7, Sawahlunto 4, Kota Solok 1, Limapuluh Kota 12, Padang Pariaman 13, Pasaman 12, Pasaman Barat 10, Pesisisr Selatan 15, Sijunjung 8, Solok 14, Solsel 7, dan Tanah Datar 14 kecamatan. Selengkapnya bisa diakses di link ini.

Menurut PVMBG, daerah dengan potensi menengah, gerakan tanah dapat terjadi jika curah hujan di atas normal, terutama pada daerah yang berbatasan dengan lembah sungai, gawir, tebing jalan atau jika lereng mengalami gangguan.

Sementara, daerah dengan potensi gerakan tanah tinggi, jika curah hujan di atas normal, sedangkan gerakan tanah lama dapat aktif kembali. (*/SS)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Tinjau Longsor Lambung Bukit, Wako Padang: Waspadai Titik Lain
Tinjau Longsor Lambung Bukit, Wako Padang: Waspadai Titik Lain
Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor Sitinjau Lauik
Kata Ahli Geologi Soal Ancaman Longsor Sitinjau Lauik
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Dishub Sumbar mencatat ada sebanyak 12 ruas jalan yang rawan longsor di wilayah Provinsi Sumbar.
Ini 12 Titik Rawan Longsor di Jalur Mudik Sumbar, Masyarakat Diminta Waspada
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: BPBD Sumbar berencana akan segera membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC).
Daerah Rawan Bencana, Ternyata BPBD Sumbar Belum Punya TRC
Berita Padang Pariaman - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Sebanyak 433 bencana terjadi di Padang Pariaman sepanjang 2021.
433 Bencana Terjadi di Padang Pariaman Sepanjang 2021, Kerugian Rp5,6 Miliar
Berita gempa Banten terbaru: Gempa bumi berkekuatan M 6.6 di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, kemarin merusak ratusan unit rumah.
Gempa M 6.6 Banten Rusak 257 Rumah