13 Kasus Positif Corona di Agam, 8 di Antaranya Tenaga Kesehatan

Positif Covid-19 di Agam

Ilustrasi Covid-19 di Kabupaten Agam. (Syafii/Langgam.id)

Langgam.id- Pemerintah Kabupaten Agam mengumumkan penambahan 4 pasien positif corona Kamis (07/05/2020). Mereka diketahui tenaga kesehatan di Kabupaten Agam.

Baca juga: Bertambah Lagi 14, Positif Covid-19 di Sumbar Kini 252 Orang

Bupati Agam Indra Catri mengatakan, berdasarkan hasil pemeriksaan ulang swab 47 tenaga kesehatan, 4 di antaranya dinyatakan positif. Mereka adalah 3 petugas kesehatan di Puskesmas Baso dan 1 dari Puskesmas Lasi.

"Yang dinyatakan positif JM, MZ, RY, dan SS. Sedangkan 25 orang dinyatakan negatif dan 18 orang dinyatakan inkonklusif dan invalid sehingga perlu diulang lagi," ujarnya dalam rilis yang diterima langgam.id Kamis (07/05/2020).

Puluhan tenaga kesehatan yang diperiksa itu, berdasarkan hasil tracking dari pasien positif corona berinsial AG, yang dirawat di RSAM Bukittinggi.

Kata Indra, bertambahnya 4 orang tersebut, jumlah tenaga kesehatan di Kabupaten Agam yang terinfeksi corona 8 orang. Rinciannya 7 orang dari Puskesmas Baso dan 1 orang dari Puskesmas Lasi.

“Saya akan mengundang beberapa perwakilan dokter dan tenaga medis untuk mengevalusi secara khusus agar didapatkan cara penanganan yang lebih baik. Saat ini kita cukup cemas karena masih ada sekitar 18 orang lagi hasil swab-nya yang harus diulang pemeriksaannya,” ujarnya.

Dengan adanya penambahan 4 orang tersebut, kasus positif corona di Kabupaten Agam mencapai 13 orang, 8 di antaranya merupakan tenaga kesehatan.

Pemkab Agam juga sedang menunggul pemeriksaan hasil swab terhadap petugas Puskesmas Lubuk Basung yang terkontak langsung dengan pasien positif corona “WM” yang merupakan tenaga labor.

"Kemaren sudah diambil sekitar 100 sampel swab terhadap jajaran Puskesmas Lubuk Basung serta beberapa orang petugas pada Dinas Kesehatan dan RSUD Lubuk Basung. Kami berharap hasilnya segera diketahui untuk ditindaklanjuti," ujarnya.

Indra mengatakan, masyarakat yang akan berobat dan memeriksakan dirinya ke bidan, dokter praktek, puskesmas, dan sumah sakit dimohon jujur dalam memberi keterangan, agar tidak terjadi kecolongan.

”Berlaku ramah dan bersahabatlah kepada petugas kita agar mereka tetap sehat dan bersemangat dalam melayani kita semua,” ujarnya. (*/SRP)

Baca Juga

Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Agam Lelang 35 Kendaraan Dinas
Kabid Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Agam, Aslim mengungkapkan bahwa daerah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar
Agam Masih Kekurangan 390 Tenaga Pengajar
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
APK Caleg yang Langgar Aturan di Agam Kena Copot
Masa siaga darurat penanganan dampak erupsi Gunung Marapi di Kabupaten Agam diperpanjang hingga 25 Februari mendatang.
Berada di Sekitar Gunung Marapi, 38 Sekolah di Agam Tiadakan Kegiatan Luar Kelas
Satu unit rumah dan dua warung hangus terbakar di kawasan Padang Baru, Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Senin (15/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB
Kebakaran Hanguskan 1 Rumah dan 2 Warung di Agam
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023
Produksi Udang Vaname Agam Capai 1.431 Ton Sepanjang Tahun 2023