11 Kecamatan di Dharmasraya Bentuk Forum Anak

11 Kecamatan di Dharmasraya Bentuk Forum Anak

Pembentukan forum anak di salah satu kecamatan. (Foto: Humas Pemkab Dharmasraya)

Langgam.id - Pemerintah Kabupaten Dharmasraya membentuk forum anak di 11 kecamatan di daerah tersebut. Forum ini dibentuk untuk meningkatkan jaminan pemenuhan hak-hak anakdi Dharmasraya.

Program ini dilaksanakan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana. Yohannes, kepala bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak pada dinas itu mengatakan, kegiatan sudah digelar pada 28 Januari-13 Februari 2020.

"Kegiatan ini diikuti 220 anak dengan menghadirkan narasumber dari Yayasan Ruang Anak Dunia," katanya, sebagaimana dirilis Humas Pemkab Dharmasraya, Rabu (19/2/2020).

Organisasi tersebut fokus pada isu pemenuhan dan perlindungan anak. Terutama dalam hal penyelenggaran kabupaten/kota layak anak di Sumatra Barat.

Yohannes mengatakan, pembentukan forum anak di setiap kecamatan ini, ditujukan untuk menciptakan wadah partisipasi anak. "Guna menyampaikan aspirasi, menyalurkan kreativitas, merespon permasalahan dan melakukan edukasi tentang perlindungan anak pada tingkat kecamatan," tuturnya.

Setelah terbentuknya forum anak kecamatan, menurut Yohannes, pemerintah kecamatan dapat melibatkannya sebagai mitra strategis dalam kegiatan pemenuhan dan perlindungan anak.

Menurutnya, ada beberapa kegiatan yang dapat dilakukan pemerintah kecamatan bersama dengan forum anak kecamatan. Di antaranya, melibatkan dan memfasilitasi forum anak kecamatan dalam kegiatan musyawarah rencana pembangunan daerah kecamatan.

Selain itu, juga melakukan kampanye dan sosialisasi hak-hak anak dan mendorong terbentuknya forum anak nagari. Kemudian, juga melakukan pendataan terpilah anak yang ada di kecamatan serta melaporkan kepada pihak yang berwenang jika terjadi kasus atau permasalahan anak di kecamatan. Misalnya, kekerasan terhadap anak, pelecehan seksual, penyalahgunaan NAPZA dan lain-lain.

"Kehadiran Forum Anak ini diharapkan mampu untuk difasilitasi pemerintah kecamatan. Sehingga, ke depan dapat mewujudkan kecamatan layak anak," ujar Yohannes.

Sementara itu, Wanda Leksmana, dari Yayasan Ruang Anak Dunia memberikan apresiasi terhadap inovasi penyelenggaraan kabupaten layak anak di Kabupaten Dharmasraya tahun 2020.

Menurutnya, forum anak bisa berperan sebagai pelopor dan pelapor dalam isu pemenuhan dan perlindungan anak.

Sebagai pelopor, menurut Wanda, forum anak menjadi contoh, pedoman atau acuan bagi masyarakat dan anak-anak lainnya dalam melakukan upaya pencegahan dan edukasi hak-hak anak. Seperti sosialisasi tentang stop perkawinan usia anak, kampanye menggiatkan permainan tradisional anak, edukasi kesehatan reproduksi anak, pencegahan kasus kekerasan seksual terhadap anak dan lain-lain.

Sebagai pelapor, forum anak dapat melaporkan segala bentuk tindakan kekerasan terhadap anak yang pernah mereka lihat, rasakan, dengar, dan ketahui kepada pihak-pihak yang berwenang untuk menangani permasalahan tersebut.

Ia berharap pemerintah kecamatan dapat mengotimalkan peranan forum anak sebagai pelopor dan palapor itu. Lebih lanjut, forum anak nagari juga dapat dibentuk dan difasilitasi oleh pemerintah nagari dengan memanfaatkan anggaran dana desa/nagari. (*/SS)

Baca Juga

Festival Tari Kreasi dan Kuliner di Dharmasraya, Syafruddin Putra: Upaya Mempertahankan Budaya Minang
Festival Tari Kreasi dan Kuliner di Dharmasraya, Syafruddin Putra: Upaya Mempertahankan Budaya Minang
Bupati Sutan Riska Resmikan Mal Pelayanan Publik Dharmasraya
Bupati Sutan Riska Resmikan Mal Pelayanan Publik Dharmasraya
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Bupati Dharmasraya Serahkan Bantuan untuk Warga Korban Banjir Bandang
Kuli Bangunan di Padang Simpan Lima Paket Sabu Siap Edar
Operasi Antik Singgalang 2024, Polres Dharmasraya Ringkus 3 Pelaku Pengguna Narkotika
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Jembatan Siguntur – Siluluak Bernilai Rp.21,7 M Mulai Dikerjakan
Ilustrasi orang tua mengasuh anak Ilmu Parenting: Cara Mengawal Tumbuh Kembang Anak
Ilmu Parenting: Cara Mengawal Tumbuh Kembang Anak