10 Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Apa Saja?

bantuan UKT, jurusan paling dibutuhkan

Ilustrasi kelulusan mahasiswa [canva]

Lulusan dari 10 jurusan kuliah ini paling dibutuhkan pada dunia kerja di tahun 2025. Apa saja?

Langgam.id - Riset Educational Psychologist dari Integrity Development Flexibility (IDF) Irene Guntur menyebut, sebanyak 87 persen mahasiswa di Indonesia merasa dirinya salah jurusan.

Dilansir dari laman Quipper Campus, sekitar 70 persen lulusan universitas tidak bekerja sesuai disiplin keilmuannya.

Ada sejumlah faktor yang membuat mahasiswa merasa salah jurusan sehingga memutuskan untuk bekerja tak sesuai jurusannya, salah satunya ialah peluang karier saat memasuki dunia kerja.

World Economic Forum (WEF) merilis 10 profesi yang paling dibutuhkan di tahun 2025 menurut Future of Jobs Survei 2020.

Berdasarkan WEF, berikut ini 10 jurusan yang lulusannya akan banyak diburu di dunia kerja, melansir Pintek.id:

Matematika

jurusan paling dibutuhkan

Matematika adalah ilmu paling mendasar dalam pengolahan big data. Secara khusus, studi statistika akan berperan sangat besar dalam industri 4.0.

Bahkan hingga pertengahan 2020 ini saja, telah terjadi kenaikan permintaan profesional di bidang matematika sebesar 10 persen.

Teknik Informatika

jrurusan paling dibutuhkanInformatika adalah ilmu yang lebih spesifik dari matematika dan turunannya. Di sini kamu akan belajar soal manajemen data base. Studi informatika tentu akan sangat diperlukan dalam pengolahan big data.

Teknik Elektro dan Robotik

Lampiran Gambar

Teknologi digital dan robot diprediksi akan menggantikan 56 persen tenaga kerja di dunia. Namun, jika kamu seorang profesional di bidang elektro dan robotik tentu ini bukanlah masalah, justru sebaliknya.

Ilmu Komputer

Lampiran Gambar

Selalu ada tempat untuk sarjana ilmu komputer di masa depan. Dalam disiplin ini kamu akan belajar tentang algoritma, pemrograman, dan pembuatan sistem digital.

Desain Komunikasi Visual

Lampiran Gambar

Jurusan yang dipandang minor 20 tahun lalu ini telah menjadi sangat populer di banyak universitas dan institut. Ketika belajar seni rupa, kamu juga akan dengan mudah menguasai desain komunikasi visual yang sangat diperlukan untuk pemasaran bisnis.

Baca juga: 7 Jurusan Kuliah Sepi Peminat yang Lulusannya Bergaji Tinggi

Teknologi Informasi dan Cyber Security

Lampiran Gambar

Kuliah di jurusan teknologi informasi memiliki beberapa kesamaan di teknik informatika. Bedanya, teknologi informasi lebih memfokuskan pada pengembangan produk teknologi. Kalau kamu ingin jadi software engineer, jurusan teknologi informasilah yang paling tepat.

Ekonomi Bisnis

jurusan paling dibutuhkan

Di masa depan nanti, dunia akan sangat membutuhkan orang yang inovatif. Dalam studi ekonomi bisnis kamu akan belajar tentang jiwa entrepreneurship dan manajemen organisasi perusahaan.

Hukum

jurusan paling dibutuhkan

Ilmu hukum merupakan disiplin keilmuan sepanjang abad. Tidak sulit mencari pekerjaan dengan latar belakang keilmuan ini. Sebab, ilmu hukum akan selalu mengikuti perkembangan dunia itu sendiri.

Bila kamu ingin belajar di jurusan hukum, ada baiknya kamu juga ambil kelas lintas disiplin seperti teknologi dan ekonomi. Faktanya, mahasiswa yang melakukan studi lintas disiplin akan lebih siap di dunia kerja.

Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat

jurusan paling dibutuhkan

Kesehatan telah menjadi fokus kebutuhan masyarakat dunia, jauh sebelum pandemi covid-19. Bahkan, sebelum 5 tahun ke depan, farmasi dan kesehatan akan segera menjadi industri major.

Pariwisata

jurusan paling dibutuhkan

Industri hospitality tidak akan pernah ada matinya, bagaimanapun dunia ini akan berubah nantinya. Tumbuhnya kelas menengah Indonesia juga menjadi faktor pendorong berkembangnya sektor pariwisata.

Itu tadi 10 jurusan kuliah yang lulusannya paling dibutuhkan di dunia kerja pada tahun 2025. Untuk calon mahasiswa, semoga ulasan tadi bisa jadi referensi.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Gubernur Sumbar Lepas 36 Santri MAPK/MAN Padang Panjang Kuliah ke Timur Tengah
Gubernur Sumbar Lepas 36 Santri MAPK/MAN Padang Panjang Kuliah ke Timur Tengah
Jurusan paling dibutuhkan
Jurusan Kuliah Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Apa Saja?
perbedaan IP dan IPK
Sering Dibuat Bingung, Ini Perbedaan IP dan IPK yang Harus Diketahui
menjaga kesehatan mental
Tips Menjaga Kesehatan Mental di Lingkungan Kerja
Program ke amerika, kauman padang panjang, unp kuliah tatap muka, magang kemenkeu, beasiswa lpdp
5 Santri Kauman Padang Panjang Lulus Kuliah di Turki
universitas negeri padang, unp ptn-bh, mahasiswa unp australia
5 Program Studi Unik di Universitas Negeri Padang, Sudah Tahu?