Wujudkan SDM Profesional, KAI Sumbar Sertifikasi 132 Pegawai Selama 2024

Wujudkan SDM Profesional, KAI Sumbar Sertifikasi 132 Pegawai Selama 2024

Pengecekan rel kereta api di KAI Divre II Sumbar. (Foto: Dok. Humas)

Langgam.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) guna menghadirkan layanan terbaik bagi pelanggan. Sepanjang tahun 2024, sebanyak 132 pegawai KAI Divre II Sumbar berhasil tersertifikasi sebagai bagian dari upaya peningkatan kompetensi di berbagai bidang perkeretaapian.

Sertifikasi profesi ini diberikan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan dalam bentuk Smart Card, yang menjadi bukti bahwa pegawai telah memenuhi persyaratan dan standar kompetensi sesuai bidangnya.

Smart Card ini mencakup berbagai keahlian, meliputi awak sarana perkeretaapian, pengatur perjalanan kereta api dan pengendali perjalanan, penjaga perlintasan kereta api, tenaga pemeriksa prasarana, tenaga perawatan prasarana, tenaga pemeriksa sarana perkeretaapian, dan tenaga perawatan sarana perkeretaapian.

Kahumas KAI Divisi Regional II Sumatera Barat, M. As’ad Habibuddin mengatakan, sertifikasi ini merupakan bagian dari komitmen perusahaan dalam memastikan SDM yang kompeten dan profesional di bidangnya.

”Di era yang terus berkembang, sertifikasi menjadi bukti bahwa pegawai memiliki pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan standar industri, sehingga dapat bersaing secara lebih kompetitif,” kata As’ad, Sabtu (22/2/2025).

Proses mendapatkan Smart Card ini dilakukan melalui beberapa tahapan, mulai dari verifikasi dokumen secara berjenjang, pelaksanaan uji kompetensi, hingga pemberian sertifikat bagi peserta yang dinyatakan lulus.

Dengan adanya sertifikasi ini, diharapkan setiap pegawai dapat bekerja lebih optimal, memberikan pelayanan prima, serta berkontribusi dalam mewujudkan transportasi kereta api yang aman, nyaman, dan andal.

”KAI akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam pengembangan SDM demi kemajuan perusahaan. Kami berharap masyarakat semakin percaya dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan di Sumatera Barat,” tutup As’ad. (*/Fs)

Tag:

Baca Juga

KAI Sumbar Imbau Pelanggan KA Agar Pesan Tiket Melalui Access by KAI
KAI Sumbar Imbau Pelanggan KA Agar Pesan Tiket Melalui Access by KAI
KAI Sumbar Imbau Penumpang Tidak Mengenakan Perhiasan Mencolok Selama Perjalanan
KAI Sumbar Imbau Penumpang Tidak Mengenakan Perhiasan Mencolok Selama Perjalanan
KAI Catat Jumlah Penumpang di Wilayah Sumbar Meningkat 12 Persen
KAI Catat Jumlah Penumpang di Wilayah Sumbar Meningkat 12 Persen
KAI Sumbar Komit Tingkatkan Layanan Kesehatan Selama Masa Angkutan Lebaran
KAI Sumbar Komit Tingkatkan Layanan Kesehatan Selama Masa Angkutan Lebaran
KAI dan Jasa Raharja Sosialisasikan Asuransi Kecelakaan ke Penumpang Kereta Api
KAI dan Jasa Raharja Sosialisasikan Asuransi Kecelakaan ke Penumpang Kereta Api
Tiket Mudik KAI Sumbar Masih Tersedia, Pemesanan Lebih Efektif Lewat Aplikasi dan Kanal Resmi
Tiket Mudik KAI Sumbar Masih Tersedia, Pemesanan Lebih Efektif Lewat Aplikasi dan Kanal Resmi