Waspada Pencemaran, Air PDAM Tirta Langkisau Diperiksa

Waspada Pencemaran, Air PDAM Tirta Langkisau Diperiksa

Foto: Sipdam Tirta Langkisau

Langgam.id - Kualitas air PDAM Tirta Langkisau di Kabupaten Pesisir Selatan dilakukan pemeriksaan bakteriologis dan kimia. Pemeriksaan dilakukan dengan pengambilan sampel air di rumah warga Kampung Taratak Tangah, Nagari Taratak Tangah Lumpo, Kecamatan IV Jurai, Rabu (7/12/2022).

Pemeriksaan itu merupakan pemantauan internal kualitas air PDAM dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas Lumpo dan PDAM sendiri. Petugas pengambil sampel air Azwardi mengatakan, pemeriksaan kualitas air rutin dilakukan.

Menurutnya, PDAM Tirta Langkisau dituntut untuk dapat memenuhi kebutuhan air minum di sana. Selain kuantitas, pemenuhan kebutuhan juga dituntut dari segi kualitasnya.

"Sampel air yang diperiksa meliputi parameter fisik, kimia dan mikrobiologi," kata Azwardi.

Titik pengambilan sampel air dilakukan dari sumber (reservoir) sampai pada tingkat konsumen (penduduk) yang menjadi pelanggan PDAM. Jika ada pencemaran atau pengolahan yang kurang sesuai dengan output yang diharapkan, lanjutnya, dapat segera terdeteksi dan dapat segera diantisipasi oleh pihak terkait.

Diketahui, air merupakan unsur terpenting yang dibutuhkan oleh manusia. Rata-rata 60 persen tubuh manusia terdiri dari air.

Kualitas air yang diminum harus memenuhi persyaratan kesehatan. Sehingga, air tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan.

Kualitas air minum yang tidak memenuhi syarat kesehatan dapat memicu penyakit diare, kolera, typhus, dan muntaber. Kualitas air minum yang tidak memenuhi syarat dapat terjadi karena kurangnya pemeliharaan terhadap sarana air bersih, belum terlindunginya sumber air dari faktor risiko pencermaran serta perilaku pengguna air pada saat mengambil dan memanfaatkan air.

Kebutuhan atau pengelola penyediaan air minum menggunakan bahan baku air sungai untuk dijadikan air minum berisiko cukup besar untuk terjadinya kontaminasi kandungan limbah cair industri, rumah tangga, rumah sakit, pestisida pertanian serta limbah padat yang berasal dari sampah.

Baca Juga: Lantik Direktur Baru, Wabup Pessel Harap PDAM Tirta Langkisau Produksi Air Mineral

Tujuan dilakukannya uji air secara berkala yaitu menjamin kualitas dan keamanan air minum hingga sampai pada pengguna air. Kualitas air minum yang baik akan menjamin derajat kesehatan masyarakat.

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Sumbar Ekspor Mainan Lato-lato ke Malaysia, Perdana 40 Karung
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Depan Masjid Raya Sumbar Libatkan 4 Kendaraan
Kecelakaan Beruntun di Panyalaian Libatkan 9 Kendaraan, 3 Orang Meninggal
Kecelakaan Beruntun di Panyalaian Libatkan 9 Kendaraan, 3 Orang Meninggal
Langgam.id - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan bakal berkunjung ke Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) Oktober 2022.
Menag Usulkan Biaya Haji Naik, Jokowi: Belum Final Sudah Ribut
Banjir
Banjir dan Longsor di Kabupaten Padang Pariaman: 43 Titik, 2 Orang Meninggal
Berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Luas perkebunan kelapa sawit di Sumbar 249.518,69 hektare. Total produksi sebesar 681.431,79 ton.
Alih Fungsi Lahan, Pasbar Kehilangan 47 Ribu Ha Hutan Sejak 1996