Warga Solok Selatan Rasakan Goncangan Lebih Kuat Dibanding Gempa 2009

Warga Solok Selatan Rasakan Goncangan Lebih Kuat Dibanding Gempa 2009

Pusat gempa Solok Selatan. (Sumber: BMKG)

Langgam.id - Gempa magnitudo 5,3 pada Kamis (28/2/2019) pagi dirasakan warga Solok Selatan lebih kuat ketimbang gempa magnitudo 7,6 pada 30 September 2009.

Hal tersebut karena pusat gempa berada di daerah itu dan juga pada kedalaman 10 meter. Sementara, gempa 2009 meski dengan magnitudo lebih besar, pusatnya di pantai barat Sumatra, berada lebih jauh.

"Sebagai perbandingan, gempa Sumbar yang cukup besar pada 2009 tidak dirasakan warga sekuat gempa pagi ini," kata Wakil Ketua DPRD Solok Selatan Ali Sabri Abbas, saat dihubungi Langgam.id.

Menurutnya, kekuatan goncangan gempa membuat rumah retak dan bahkan ada yang roboh. "Barang-barang berada di atas lemari berjatuhan. Rumah retak-retak," katanya.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika merilis gempa dirasakan di Solok Selatan sekitar IV Modofied Mercalli Intensity (MMI). Sementara, di Padang III-IV MMI, Painan dan Padang Panjang II-III MMI, Payakumbuh 50 Kota II MMI, Kepahyang I MMI.

Berdasar panduan BMKG, untuk gempa II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sementara, III MMI, getaran dirasakan nyata dalam rumah, seakan-akan ada truk berlalu.

Untuk skala IV MMI, dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, jendela dan pintu berderik dan dinding berbunyi.(HM)

Ikuti berita terbaru dan terkini dari Langgam.id. Anda bisa bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update di tautan https://t.me/langgamid atau mengikuti Langgam.id di Google News pada tautan ini.

Baca Juga

Menyangkal Marapi Erupsi Pemicu Gempa Dahsyat 1926
Menyangkal Marapi Erupsi Pemicu Gempa Dahsyat 1926
BMKG Catat 1.045 Gempa di Sumbar Sepanjang 2022, Tersebar di 3 Zona
BMKG Catat 1.045 Gempa di Sumbar Sepanjang 2022, Tersebar di 3 Zona
Belajar dari Gempa Cianjur
Belajar dari Gempa Cianjur
Langgam.id - Tenda darurat yang digunakan untuk belajar sementara siswa SD 11 di Simalegi Mentawai ambruk diterjang angin kencang.
Bangunan Roboh Akibat Gempa, Kini Tenda Darurat Pelajar SD di Simalegi Ambruk Diterjang Angin Kencang
Langgam.id - Gempa dengan magnitudo 4,2 mengguncang Kabupaten Pesisir Selatan hari ini, Sabtu (31/10/2022) sekitar pukul 18.46 WIB.
Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pesisir Selatan
30 September 2009, tepat tiga belas tahun silam, pukul 08.45 WIB lahirlah seorang bayi perempuan dengan nama Azzani Alifi Akmal.
Azzani Alifi Akmal: Dia Hadir Bawa Kebahagiaan Saat Negeri Ini Berduka