Warga Bebas Memilih, Padang Panjang Sediakan 2 Jenis Vaksin Boster

Warga Bebas Memilih, Padang Panjang Sediakan 2 Jenis Vaksin Boster

Seorang warga sedang vaksin di salah satu gerai di Padang Panjang. [Kominfo Padang Panjang]

Berita Padang Panjang - berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini: Warga Bebas Memilih, Padang Panjang Sediakan 2 Jenis Vaksin Boster.

Langgam.id - Gerai vaksin di Kota Padang Panjang menyediakan dua jenis vaksinasi dosis ketiga (booster). Warga diberi kebebasan untuk memilih jenis vaksin yang diinginkan.

"Bagi warga yang ingin mendapatkan vaksinasi dosis ketiga diperbolehkan memilih jenis vaksin yang ingin disuntikkan. Sesuai, yang tersedia di gerai vaksin di Kota Padang Panjang ini," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Padang Panjang Rahmaisa.

Saat ini, lanjut Rahmaisa, gerai-gerai vaksinasi Covid-19 di Padang Panjang menyediakan dua jenis vaksin. Yakni, pertama AstraZeneca dan Pfizer.

"Kita menyerahkan kepada yang divaksin mau menggunakan vaksin jenis apa. Namun itu tetap sesuai dengan dosis yang sudah didapatkan dari vaksin dosis pertama dan kedua," katanya.

Kementerian Kesehatan telah mengeluarkan surat tentang penyesuaian pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis lanjutan (booster) bagi lansia. Sebelumnya, pemberian vaksin booster untuk lansia dapat diberikan dengan interval minimal enam bulan.

Namun, sesuai dengan surat tersebut, vaksin sudah bisa diberikan dengan interval tiga bulan setelah melakukan vaksin dosis pertama dan kedua.

"Sesuai dengan surat dari Kemenkes, untuk lansia pemberian vaksin booster ini sudah bisa dengan interval minimal tiga bulan. Namun untuk kategori yang lain, masih minimal enam bulan," tuturnya lagi.

Data Dinas Kesehatan, vaksin booster di Kota Padang Panjang baru mencapai 3.41 persen dari target. Jumlah suntikan sebanyak 1.502. Sedangkan total vaksin dosis pertama dan kedua maupun booster sudah mencapai 109,03 persen dengan 96.085 suntikan.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Masyarakat Kota Padang Panjang Sudah Bisa Dapatkan Vaksin Booster

"Mengingat banyaknya manfaat dari pemberian vaksin ini, maka diimbau kepada masyarakat untuk segera mendapatkan vaksin booster di gerai-gerai vaksin yang sudah disediakan Pemerintah Kota Padang Panjang," tutur Rahmaisa.

Dapatkan update berita Padang Panjang – berita Sumbar terbaru dan terkini hari ini dari Langgam.id. Mari bergabung di Grup Telegram Langgam.id News Update, caranya klik https://t.me/langgamid, kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca Juga

Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Majukan Kebudayaan Dharmasraya dengan Festival Tari dan Kuliner
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Dukung Epyardi Asda Maju Pilgub Sumbar, Eks Ketua PPP Padang Ini Bentuk Barisan Otewe Muda
Permasalahan baru yang menimpa umat Islam yakni terkait daftar nama-nama ustadz kondang yang terdaftar dalam jaringan radikalisme.
Universitas Muhammadiyah Sumbar Luncurkan Beasiswa Peduli Bencana
Langgam.id - Bupati Kabupaten Agam, Andri Warman mengungkapkan keinginannya terkait pengelolaan Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau.
Mantan Anggota DPR RI Taslim Soroti Keramba Jaring Apung yang Rusak Keindahan Danau Maninjau
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Ahmad Muzani Lelang Sapi untuk Bantu Korban Banjir Lahar Dingin Sumbar, Laku Rp 500 Juta
Wajah Gelap Homo Digitalis
Wajah Gelap Homo Digitalis