Warga Antusias Datangi TPS, Antrean Menunggu Giliran Mencoblos Capai 1 Jam

Tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak pada Rabu (14/2/2024) cukup tinggi.

Suasana antrean di TPS 2 Kelurahan Anduring, Kota Padang. [foto: Ist]

Langgam.id - Tingkat partisipasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya pada Pemilu Serentak pada Rabu (14/2/2024) cukup tinggi. Hal itu diketahui dari pantauan ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Padang.

Seperti di sejumlah TPS di Kelurahan Bungo Padang, Kelurahan Dadok Tunggul Hitam dan Kelurahan Anduring.

Tidak itu saja, berdasarkan pantauan di lapangan tersebut, antrean bagi masyarakat yang menunggu giliran untuk mencoblos berlangsung lama. Yaitu berkisar 30 menit hingga 1 jam.

Di TPS 15 Kelurahan Dadok Tunggul Hitam misalnya, antrean bagi masyarakat yang hendak mencoblos lima surat suara bisa mencapai 1 jam.

"Kami tadi datang ke TPS sekitar pukul 10.30 WIB, dan baru dipanggil sekitar jam 11.30 WIB," ujar Ita (41).

Dari pantauan langgam.id di lapangan, antrean ini terjadi karena adanya masyarakat yang lama saat berada di bilik suara. Mereka terlihat kewalahan saat hendak membuka lembaran suarat suara dan ketika melipatnya kembali.

Selain itu, juga terlihat masyarakat yang juga kebingungan saat hendak memilih calon legislatif (caleg) yang hendak dicoblos. Akibatnya membutuhkan waktu yang lama di bilik suara.

Sementara itu di TPS 2 Kelurahan Anduring, antrean warga yang menunggu giliran untuk dipanggil dan mencoblos tidak sampai 1 jam yaitu sekitat 30 menit. (*/yki)

Baca Juga

Sebanyak 11 kepala daerah mengajukan judicial review terhadap ketentuan Pasal 201 Ayat (7), (8) dan (9) Undang-Undang Pilkada Mahkamah
Ketua MK: Jumlah Permohonan PHPU 2024 Meningkat
Pancasila Sumbar Pilkada
PPP, Pemilu 2024 dan Politik Islam
Cerint Iralloza Tasya
Hasil Pileg DPD RI Sumbar, 2 Petahana Kembali ke Senayan
Pasangan calon presiden dan wakil presiden yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar memperoleh suara terbanyak di Sumatra Barat Pemilu 2024.
Hasil Pleno KPU, Anies-Muhaimin Unggul di Sumbar
PKS unggul sementara di pemilihan legislatif DPRD Sumbar daerah pemilihan (dapil) 3. Dapil ini meliputi dua daerah yaitu Kabupaten Agam
PKS Jadi Pemenang, Berikut 65 Caleg Terpilih DPRD Sumbar
Sisi Lain Pemilu 2024 ala Generasi milenial dan Gen Z
Sisi Lain Pemilu 2024 ala Generasi milenial dan Gen Z