Wamenag RI Sebut Wisata Halal Bukan Islamisasi Wisata

Wamenag RI Sebut Wisata Halal Bukan Islamisasi Wisata

Wamenag RI Zainut Tauhid (Foto: Kemenag RI)

Langgam.id-Wakil Menteri Agama (Wamenag) RI Zainut Tauhid menyebut wisata halal bukan gerakan islamisasi wisata. Hal ini merupakan kekeliruan yang masih terjadi di tengah masyarakat terhadap wisata halal.

Meluruskan hal itu, Wamenag Zainut Tauhid menyebut wisata halal atau wisata syariah bukan untuk islamisasi wisata. Mereka khwatir wisata halal merupakan islamisasi wisata dan akan memberengus kearifan lokal.

"Tidak semua hal dalam lingkungan wisata tersebut disesuaikan dengan nilai-nilai syariah," katanya lewat keterangan resmi dikutip langgam.id, (Minggu, (21/11/2021).

Dia mengatakan, wisata halal mengandung arti pemberian fasilitas bagi wisatawan muslim untuk dapat menunaikan kewajiban syariatnya di lokasi wisata tersebut. 

"Seperti tersedianya makanan dan minuman yang telah dipastikan kehalalannya, adanya fasilitas untuk beribadah, kemudahan untuk melakukan transaksi keuangan syariah, fasilitas hotel, sikap positif pelaku bisnis terhadap wisatawan dan lain sebagainya," jelasnya.

Menurutnya, sejatinya wisata halal saat ini sudah menjadi tren di negara lain, termasuk negara sekuler seperti Jepang, Korea, China dan lainnya. Namun negara-negara tersebut menggunakan istilah yang beragam seperti halal tourism, moslem friendly.

"Konsep wisata halal sebetulnya universal, sehingga dapat diterima oleh semua kalangan agama, masyarakat budaya, dan pemerintah," ujarnya.

Wamenag berharap, pelaku industri halal dan ekonomi syariah terus berikhtiar, mengikis kesan eksklusivisme halal yang masih ada di tengah masyarakat.

"Mulailah dengan edukasi dan penceraha tanpa perlu menimbulkan kerumitan baru, yakni dengan menggali nilai-nilai yang selama ini sudah mengalir dalam dunia usaha," pungkasnya. (*/Rahmadi/Lisa Septri).

Baca Juga

Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri pada Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Saiful Mujab mengatakan, bahwa pihaknya terus
Kemenag: 195.917 Visa Jemaah Haji Indonesia Sudah Terbit
Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Saiful Mujab hingga hari ini sudah ada sebanyak 75.572 visa
Mulai Berangkat 12 Mei 2024, 75.572 Visa Jemaah Haji Reguler Sudah Terbit
Kementerian Agama akan menggelar Sidang Isbat (Penetapan) 1 Syawal 1445 H pada Selasa (9/4/2024). Sidang isbat tersebut bakal dilaksanakan di Auditorium HM.
Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1445 H Digelar 9 April 2024
Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) menyetujui sebanyak 110.553 formasi usulan Kemenag
Kemenpan RB Setujui 110.553 Formasi CASN Kemenag 2024, Menag: Terbesar dalam Sejarah
Seragam batik jemaah Indonesia pada musim haji 2024 ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Pada tahun ini, jemaah Indonesia akan mengenakan
Jemaah Haji Indonesia Kenakan Seragam Batik Baru Tahun Ini
Hilal Awal Ramadan 1445 H Masih Rendah, Awal Puasa Berkemungkinan Selasa
Hilal Awal Ramadan 1445 H Masih Rendah, Awal Puasa Berkemungkinan Selasa