Wali Kota: Payakumbuh Segera Bangun Masjid Agung

idul adha payakumbuh

Ilustrasi - Balai Kota Payakumbuh. (Foto: payakumbuhkota.go.id)

Langgam.id - Pemerintah Kota Payakumbuh segera membangun Masjid Agung sehingga bisa menampung jamaah untuk beribadah dan menggelar acara keagamaan dalam skala besar.

Demikian dikatakan Wali Kota Riza Falepi sebagaimana dilansir Humas di website resmi Pemerintah Kota Payakumbuh, Ahad (17/3/2019).

Riza menyebut tentang Masjid Agung di saat menghadiri Tabligh Akbar di Mesjid Al Muttaqin Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat Kota Payakumbuh, Ahad pagi.

Acara yang digelar Forum Dakwah Yasin (FDY) Provinsi Sumbar tersebut, dihadiri Gubernur Sumatera Barat beserta istri Nevi Zuairina.

Menurut Riza, membludaknya jamaah pada acara wirid yasin tersebut semakin menguatkan tekadnya segera membangun masjid Agung Payakumbuh.

“Melihat jumlah jamaah saat ini, saya jadi semakin yakin, proyek pembangunan masjid Agung Payakumbuh harus segera kami realisasikan. Agar, ke depan acara wirid skala besar seperti acara kali ini bisa dilangsungkan di sana,” ujarnya.

Rombongan Gubernur disambut Walikota Payakumbuh beserta istri Ny. Henny Riza Falepi. Turut hadir unsur Forkopimda, sejumlah pimpinan perangkat daerah dan perwakilan tokoh agama serta ribuan jamaah wirid yasin se-Sumatera Barat. Hadir juga Ustadz H. Saidul Amin, Dosen UIN Suska, Riau sebagai penceramah.

Dalam sambutan, Walikota Payakumbuh mengucapkan selamat datang kepada ribuan jamaah yang membanjiri lokasi acara. Walikota juga menyampaikan permohonan maaf karena akses jalan menuju lokasi acara tidaklah mulus.

“Mohon maaf jika perjalanan kesini kurang nyaman, akses jalan kesini sedikit hancur karena kami sedang membangun proyek pengolahan air bersih buat kebutuhan masyarakat Payakumbuh,” kata Wali Kota.

Sementara, Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengangkat topik silaturahmi dalam sambutannya. Mengutip beberapa Nash dalam Alquran dan Hadist diselingi beberapa rangkaian pantun khasnya, tampilan gubernur mengundang antusias jamaah.

“Saya bangga dengan pelaksanaan wirid silaturahmi forum yasinan ini. Mari kita terus pelihara, sebab dengan silaturahmi kita akan bahagia, hati menjadi bersih, dan dosa-dosa akan diampuni,” ujar Irwan.

Menurutnya, menjalin silaturahim akan memudahkan rezeki, memanjangkan umur dan terhindar dari kematian yang buruk. "Dengan silaturahmi persatuan masyarakat muslim di Sumbar akan tetap kuat dan terjaga,” kata Irwan.

Sementara, Ketua Majlis Taklim Indonesia (MTI) Sumbar, Nevi Zuairina dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi dengan pelaksanaan wirid yasin tersebut.

“Semoga dengan berkumpul kita di Payakumbuh untuk bersilaturahmi dengan menempuh perjalanan yang jauh ini dari tempat kita masing-masing akan dibalas Allah SWT dengan pahala yang berlipatganda,” katanya.

Selepas sambutan, acara dilanjutkan dengan penyampaian tausyiah dari Ustadz H. Saidul Amin dengan memaparkan tema tentang Islam menjunjung tinggi martabat perempuan. (*/SS)

Baca Juga

Jalan Payakumbuh menuju Pekanbaru menuju Pangkalan ditutup pada Selasa Penutupan ini dilakukan karena ada bencana longsor dan banjir.
Jalan Payakumbuh ke Pekanbaru Menuju Pangkalan Ditutup, Arus Lalin Dialihkan via Lintau
Eks Wakapolri Bakal Resmikan Masjid Al Hijrah Padang Area Islamic Centre
Eks Wakapolri Bakal Resmikan Masjid Al Hijrah Padang Area Islamic Centre
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
Ekspo SMK 2024 dan Sinergi Pengembangan Pariwisata Payakumbuh
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
ICH Fest 2023: Atasi Perang Klaim, Upaya Persatukan Bangsa Serumpun Kelola Warisan Budaya Takbenda
Sebuah rumah di Kelurahan Tanjung Pauh, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, Sumbar, terbakar pada Kamis (21/9/2023)
Kebakaran Landa Rumah Warga di Payakumbuh, Satu Orang Meninggal Dunia
Kebakaran menghanguskan sebanyak enam bangunan yang berada di Kelurahan Talang, Kecamatan Payakumbuh Barat, Kota Payakumbuh, pada Sabtu
Kebakaran Hanguskan 6 Bangunan di Payakumbuh Dini Hari Tadi